10 Pemimpin Negara Terkorup di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia


1
34 shares, 1 point
10 Pemimpin Negara Terkorup di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia

Korupsi memang menjadi momok bagi semua negara di dunia ini. Jika membicarakan politik, sulit menemukan politikus atau pemimpin yang benar-benar bersih. Namun, jika membicarakan siapa saja politikus yang terlibat korupsi, pasti akan menemukan banyak sekali nama politikus atau pemimpin negara yang terlibat dalam kasus tersebut.

Seluruh negara di belahan dunia pasti pernah mengalami kasus korupsi yang menyeret politikus atau kepala negaranya. Berikut daftar pemimpin negara yang dianggap sebagai pemimpin yang paling korup di dunia berdasarkan jumlah uang yang ‘dicuri’.

Siapa saja mereka? Dilansir Tribunnews dari laman Forbes, berikut 10 Pemimpin Negara Terkorup di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia:

10. Joseph Estrada, Filipina

Sebelum menjadi Presiden Filipina, ia memiliki taktik manipulasi yang membuat banyak rakyat memilihnya menjadi presiden.

10. Joseph Estrada, FilipinaNamun saat ia menjabat sebagai presiden sejak tahun 1998-2001, ia tidak menepati janjinya pada masa kampanye dan malah terlibat kasus korupsi sehingga membuat namanya masuk ke dalam daftar presiden terkorup di dunia. Angka korupsinya diperkirakan mencapai nilai 78 sampai 80 juta Dollar Amerika atau sekitar Rp 1,06 triliun.

9. Arnoldo Aleman, Nikaragua

Sebelum menjabat sebagai Presiden Nikaragua, Aleman bekerja sebagai pengacara. Ia menjabat sebagai Presiden Nikaragua sejak tahun 1997 sampai 2002.

9. Arnoldo Aleman, NikaraguaAleman melakukan tindak korupsi yang merugikan negara hingga 100 juta dollar Amerika, atau sekitar Rp 1,33 triliun. Ia dijatuhi hukuman selama 20 tahun. Kejahatannya termasuk pencucian uang, penggelapan dana pemerintah, dan korupsi.

8. Pavlo Lazarenko, Ukraina

Pavlo Lazarenko adalah perdana menteri Ukraina sejak tahun 1996 sampai 1997. Meski begitu, keterlibatannya dalam kasus korupsi di negaranya tidak bisa dibiarkan begitu saja.

8. Pavlo Lazarenko, UkrainaIa mampu melakukan sejumlah korupsi dengan jumlah yang sangat besar dalam waktu yang cukup singkat. Korupsi yang ia lakukan sebesar 114 sampai 200 juta Dolar Amerika, atau sekitar Rp 2,66 triliun dan hanya dalam waktu satu tahun saja.

7. Alberto Fujimori, Peru

7. Alberto Fujimori, PeruAlberto Fujimori adalah Presiden Peru yang menjabat dari tahun 1990 sampai tahun 2000. Selama menjabat sebagai Presiden selama 10 tahun, ia berhasil mencuri uang negara sebanyak 600 juta Dolar Amerika atau sekitar Rp 7,98 triliun.

6. Jean-Claude Duvalier, Haiti

6. Jean-Claude Duvalier, HaitiPresiden Haiti, Jean Claude Duvalier ini melakukan korupsi sejak tahun 1971 sampai dengan 1986. Aksi korupsi yang dilakukan Duvalier terlalu besar sehingga banyak yang curiga padanya. Duvalier menyalahgunakan kedudukannya dengan melakukan korupsi sebesar 300 sampai 800 juta Dolar Amerika atau sekitar Rp 10,6 triliun.

5. Slobodan Milosevic, Serbia Yugoslavia

5. Slobodan Milosevic, Serbia YugoslaviaSelama 11 tahun masa abdinya sebagai Presiden Serbia sejak tahun 1989 sampai dengan 2000, Milosevic terlibat kasus korupsi yang jumlahnya fantastis. Milosevic memanfaatkan 11 tahun tersebut untuk melakukan korupsi sebesar 1 miliar Dolar Amerika.

4. Sani Abacha, Nigeria

Tidak ada yang menyangka negara yang tengah dilanda perang sipil ini melahirkan seorang presiden yang paling korup di dunia. Ia adalah Sani Abacha, Presiden Nigeria yang menjabat sejak tahun 1993 hingga 1998. Padahal sudah jelas Nigeria sedang dilanda perang berkepanjangan, tentunya negera ini membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk bisa memperbaiki perekonomian negara.

4. Sani Abacha, NigeriaTapi presiden yang diharapkan bisa memperbaiki ekonomi negara tersebut malah mencuri uang negara. Tidak tanggung-tanggung, yang dikorupsi oleh Abacha mencapai kisaran 2-5 miliar Dolar Amerika atau sekitar Rp 66,5 triliun.

3. Mobutu Sese Seko, Zaire

Zaire's President Mobutu Sese Seko leans on his cane during press conference on the South African na..Masih tidak diketahui cara apa yang digunakan oleh Presiden Zaire ini sehingga bisa melakukan korupsi sebesar 5 miliar Dolar Amerika atau sekitar Rp 66,5 triliun. Korupsi yang dilakukan Sejo ini terbilang cukup lama karena dirinya menduduki kursi kepresidenan selama 32 tahun, sejak 1969 sampai 1997.

2. Ferdinand Marcos, Filipina

Presiden Filipina ini menjabat sebagai presiden dari tahun 1972-1986. Selama 14 tahun menjabat sebagai presiden, Marcos memimpin Filipina dengan sifat kediktatorannya. Selama masa jabatannya sebagai presiden ditaktor di Filipina, Marcos ternyata mampu menjalin hubungan yang dekat antara Filipina dengan Amerika.

2. Ferdinand Marcos, FilipinaDalam 14 tahun kepemimpinan Marcos, dirinya diam-diam melakukan korupsi. Korupsi yang dilakukan sangat cukup merugikan negara. Dirinya melakukan korupsi dengan nilai 5 hingga 10 miliar atau sekitar Rp 133 triliun.

1. Muhammad Soeharto, Indonesia

Entah harus bangga atau malu melihat nama Indonesia masuk ke dalam peringkat pertama, dalam presiden paling korup sedunia. Presiden yang mampu membuat nama Indonesia di peringkat 1 ini adalah Muhammad Suharto. Suharto menjabat sebagai presiden di Indonesia dalam jangka waktu yang sangat lama yakni 31 tahun, yakni pada tahun 1967-1998.

1. Muhammad Soeharto, IndonesiaSelama menjadi presiden, dirinya menempatkan anggota keluarganya di kursi kementrian dan memberikan sejumlah perusahaan besar untuk ditangani oleh anaknya. Hasil korupsi yang dilakukan oleh Suharto juga tidak main-main, bahkan jika ditotal hasil korupsi yang dilakukan Seko dan Markospun tidak sanggup mengalahkan Suharto. Suharto berhasil melakukan korupsi sebesar 15-35 miliar Dolar Amerika, atau sekitar Rp 465 triliun.

Demikian 10 Pemimpin Negara Terkorup di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
0
Keren
Kaget Kaget
3
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
1
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah