10 Orang yang Lakukan Operasi pada Diri Sendiri


1
6 shares, 1 point
10 Orang yang Lakukan Operasi pada Diri Sendiri

Dalam film horor seperti ‘Saw’, ada adegan seorang korban yang memotong kaki sendiri untuk bisa lepas dari perangkap mematikan. Dalam film-film perang pun, sering ditemui prajurit yang mengambil peluru yang bersarang di tubuh sendiri. Ternyata, ada tindakan yang jauh lebih ekstrem.

Ada beberapa orang yang mungkin bisa dikatakan gila dengan cara mengoperasi diri sendiri. Tindakan itu ada yang dilakukan karena sedang di ujung maut, tapi ada juga yang dilakukan karena alasan ego. Walau jika gagal taruhannya nyawa, orang-orang ini lebih memilih berupaya ketimbang pasrah terhadap nasib.

Dikutip dari Detikcom dan beberapa sumber lain (17/07/2019), berikut ini 10 Orang yang Lakukan Operasi pada Diri Sendiri:

10. Ines Ramirez Perez – Operasi caesar sendiri

Pada bulan Maret 2000, Ines Ramirez Perez harus segera melahirkan. Rumah sakit paling dekat terletak 80 km jauhnya dari rumahnya di Mexico Selatan dan tidak ada transportasi menuju ke sana. Anehnya setelah menahan rasa sakit selama 12 jam, si jabang bayi tak kunjung mau keluar.

10. Ines Ramirez Perez - Operasi caesar sendiriNekat, Inez pun duduk di bangku kayu lalu mengambil pisau. Setelah meminum beberapa teguk alkohol, dia melakukan operasi caesar pada dirinya sendiri. Jabang bayi berhasil dikeluarkan dengan selamat, lalu salah seorang anaknya dikirim untuk memanggil suster untuk menjahit luka bekas operasinya.

9. Johannes Lethaeus – Mengambil batu ginjal sendiri

Prosedur pembedahan diri sendiri paling mengerikan dilakukan oleh Johannes Lethaeus di tahun 1600-an. Dokter bedah asal Belanda ini memiliki batu ginjal seukuran telur ayam yang tidak bisa dikeluarkan dengan cara biasa.

9. Johannes Lethaeus - Mengambil batu ginjal sendiriTak tahan menahan sakit, ia pun membedah sendiri perineumnya, yaitu bagian antara penis dan anus. Dengan dua jarinya, dia mengambil batu ginjalnya lalu memanggil dokter untuk menjahit lukanya.

8. Deborah Sampson – Mengambil peluru dari paha sendiri

Deborah Sampson adalah salah satu orang prajurit AS yang tergabung dalam Resimen IV Massachusetts di Continental Army tahun di tahun 1700-an. Dia tertembak di bagian paha, namun khawatir dokter yang merawatnya akan melarangnya kembali berperang.

Baca juga: 10 Makanan Paling Ekstrim, Sadis dan Kejam di Dunia

8. Deborah Sampson - Mengambil peluru dari paha sendiriMaka wanita perkasa ini melarikan diri dari rumah sakit dan mengambil sendiri peluru yang bersarang di pahanya dengan pisau sebelum kembali ke medan perang. Sayangnya, dia terluka lagi, namun kali ini lebih parah. Dia pun dikirim pulang dan dipensiunkan.

7. Dr Jerri Nielsen Lin – Obati kanker payudara sendiri

Dr Jerri Nielsen Lin adalah seorang dokter asal Amerika yang berpengalaman di bidang kegawatdaruratan. Pada tahun 1998, ia ditugaskan di Stasiun Amundsen-Scott di Kutub Selatan sebagai dokter musim dingin selama 1 tahun.

7. Dr Jerri Nielsen Lin - Obati kanker payudara sendiriPada awal Maret 1999, Nielsen menemukan benjolan di payudara kanannya. Dia lalu mengambil jaringan payudaranya sendiri lalu dikirim ke AS untuk dipastikan apakah kanker atau bukan, dan ternyata memang kanker. Mengetahui hal ini, Nielsen lalu meng-kemoterapi dirinya sendiri. Setelah kembali ke AS, ia mendapat pengobatan medis yang layak.

6. Dr Evan O’Neill Kane – Operasi usus buntu sendiri

Dr Evan O’Neill Kane adalah ahli bedah kepala New York City Kane Summit Hospital. Dia ingin membuktikan bahwa pembiusan total tidak diperlukan untuk operasi kecil. Dia menggunakan dirinya untuk menguji teorinya, yaitu mengambil usus buntunya sendiri memakai anestesi lokal .

Baca juga: 10 Makhluk Mitologi Berparas Cantik tapi Sadis dan Mematikan

6. Dr Evan O'Neill Kane - Operasi usus buntu sendiriDr Kane duduk di meja operasi dengan meletakkan cermin di atas perutnya. 3 orang dokter bersiap-siap memberi bantuan jika terjadi hal yang berbahaya. Dr Kane membuat sayatan untuk mengambil usus buntunya, lalu asisten menjahit lukanya. Ketika berusia 70 tahun di tahun 1932, dia kembali melakukan operasi pada dirinya sendiri untuk mengobati hernia.

5. Dr Leonid Rogozov – Operasi usus buntu sendiri

Dokter Leonid Rogozov berhasil melakukan operasi bedah untuk mengeluarkan usus buntunya sendiri, di stasiun Soviet di Antartika. Ia kemudian menjadi pahlawan nasional, Rogozov bahkan dibandingkan dengan Gagarin, yang melakukan penerbangan terkenalnya pada saat yang hampir bersamaan. Percaya atau tidak, operasi dokter Leonid Rogozov untuk menghilangkan usus buntunya sendiri bukanlah operasi untuk diri sendiri satu-satunya. Pada 1921, ahli bedah Amerika, Dr. Evan O’Neill, Kane melakukan eksperimen dengan memotong usus buntunya dan menjahitnya sendiri.

5. Dr Leonid Rogozov - Operasi usus buntu sendiriPerbedaan kasus Kane dan Rogozov adalah bahwa sang dokter Soviet tidak berada di ruang operasi yang nyaman dan dikelilingi oleh tim ahli bedah profesional yang siap membantunya jika terjadi kesalahan. Dia tidak melakukannya demi ilmu pengetahuan, tetapi untuk bertahan hidup. Kisah Rogozov bermula pada 1960. Sebagai ahli bedah muda berusia 27 tahun, kala itu ia bergabung dengan Ekspedisi Antartika Soviet Ke-6. Tahun berikutnya, ia mulai bekerja sebagai dokter di Stasiun Novolazarevskaya yang baru didirikan.

4. Aron Ralston – Amputasi tangan kanan sendiri

Aron Lee Ralston adalah seorang penggemar kegiatan luar ruangan, teknisi dan pembicara motivasional Amerika yang dikenal karena selamat dari kecelakaan ngarai di tenggara Utah pada 2003 di mana ia mengamputasi tangan kanannya sendiri dengan pisau pendek dalam rangka menyelamatkan dirinya sendiri dari keterjepitan, yang membautnya terperangkap di Blue John Canyon selama lima hari tujuh jam (127 jam).

Baca juga: 10 Kasus Reinkarnasi Paling Menggemparkan Dunia

4. Aron Ralston - Amputasi tangan kanan sendiriSetelah ia membebaskan dirinya sendiri, ia mencari cara untuk mengarungi ngarai tersebut, kemudian berjalan sejauh 65-feet dalam rangka mencari pertolongan. Insiden tersebut didokumentasikan dalam autobiografi Ralston Between a Rock and a Hard Place dan menjadi subyek dari film tahun 2010 127 Hours yang dibintangi oleh James Franco.

3. Dwain Williams – Belah kepala sendiri

Karena tidak punya asuransi dan tidak punya uang untuk menjalani operasi, Dwain Williams berniat menghilangkan sendiri benjolan di kepalanya akibat kecelakaan setahun lalu. Ia jengah dengan tatapan janggal orang-orang yang menatapnya lalu mengoperasi kepalanya sendiri dengan cutter.

3. Dwain Williams - Belah kepala sendiriYang lebih gila, ia merekam operasinya lalu mengupload ke YouTube. Operasi yang berlangsung hanya beberapa menit itu butuh beberapa minggu agar dapat benar-benar sembuh. Dwain sangat senang dengan hasilnya, tapi komentar-komentar di Youtube tidak menunjukkan hal yang sama.

2. Zheng Yanliang – Amputasi kaki sendiri

Zheng Yanliang merupakan seorang petani sekaligus pekerja pabrik di China. Zheng didiagnosis menderita trombosis arteri pada kakinya. Sehingga biaya rumah sakit sampai menguras semua harta yang dimiliki oleh Zheng. Kala itu ia dimintai biaya sekitar $48.000 untuk mengamputasi mengamputasi kakinya tersebut. Dokter juga sempat mengatakan bahwa umurnya hanya akan bertahan selama tiga bulan lagi jika amputasi tidak dilakukan.

Baca juga: 10 Fenomena Teleportasi Diduga Paling Nyata dan Misterius di Dunia

2. Zheng Yanliang - Amputasi kaki sendiriSelama beberapa bulan berikutnya, kaki Zheng semakin memburuk. Belatung mulai menggerogoti kakinya. Tepat pada tanggal 14 April 2012, ia memutuskan untuk menggigit sepotong kayu serta menggunakan pisau buah dan gergaji besi untuk memotong kakinya sendiri demi untuk bertahan hidup. Butuh waktu selama 20 menit bagi Zheng Yanliang, bahkan ia juga kehilangan tiga giginya karena menggigit kayu dengan keras. Berkat usahanya tersebut, ia bisa hidup sampai sekarang.

1. Amanda Feilding – Trepanasi (melubangi kepala sendiri)

Trepanasi adalah salah satu jenis operasi tertua di dunia. Praktiknya adalah dengan melubangi tulang tengkorak. Dulu, metode ini diyakini dapat menyembuhkan pusing hingga sakit jiwa. Namun sekarang, tidak ada ahli bedah yang bersedia melakukannya karena mengancam nyawa.

1. Amanda Feilding - Trepanasi (melubangi kepala sendiri)Amanda Feilding menderita suatu kondisi yang membuatnya selalu merasa lelah. Bertahun-tahun dia mencari ahli bedah untuk melakukan trepanasi terhadapnya. Karena tidak berhasil, dia memutuskan melakukan operasi itu sendiri saat berusia 27 tahun. Dengan bor listrik dokter gigi yang dioperasikan lewat pedal kaki, dia melubangi kepalanya sendiri. Sampai kini dia merasa puas akan hasilnya.

Demikian 10 Orang yang Lakukan Operasi pada Diri Sendiri, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke temanmu, karena berbagi itu indah. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
1
Keren
Kaget Kaget
1
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
1
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
1
Marah