10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi Forbes


1
17 shares, 1 point
10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru

Memiliki harta yang banyak sepertinya menjadi dambaan setiap orang. Namun, untuk mendapatkannya memang tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras yang super dan tentunya pantang menyerah dan malu.

Seperti beberapa pengusaha sukses di Indonesia dibawah ini yang dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes Desember 2018. Siapa saja mereka? Berikut 10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi Forbes:

1. R.Budi dan Michael Hartono

Robert Budi Hartono dan kakaknya Michael Hartono adalah pengusaha sekaligus orang terkaya di Indonesia. Mereka adalah pewaris perusahaan Djarum yang mana ditangan mereka Djarum sudah berkembang sampai ke luar negeri.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesSelain Djarum, kakak beradik ini juga memegang saham terbesar di Bank Central Asia. Kekayaan keduanya mencapai $35 B atau kalau dirupiahkan sekitar Rp509 Triliun.

2. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo adalah seorang pengusaha Indonesia. Ia adalah anak ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri Gudang Garam, perusahan rokok kretek di Kediri.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesPada 2000, ia menggantikan kakaknya Rahman Halim (anak pertama Surya Wonowidjojo) sebagai pimpinan Gudang Garam yang meninggal pada 27 Juli 2008 di Singapura. Majalah forbes menempatkannya sebagai orang terkaya kedua di Indonesia dengan kekayaan sebesar $9.2 B atau sekitar Rp134 Triliun

3. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja adalah seorang pengusaha dan pendiri Sinar Mas. Dulunya ia dilahirkan dari keluarga miskin yang kemudian melakukan migrasi ke Indonesia mengikuti ayahnya.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesPengusaha sekaligus pendiri Eka Tjipta Foundation ini dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga dengan kekayaan $8.6 B atau sekitar Rp125 Triliun.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia lahir di Kolkata, India, 11 Juli 1952. Ia adalah pendiri dan ketua Indorama Corporation. Indorama Corporation adalah perusahaan petrokimia dan tekstil.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesLohia lahir dan besar di India, tetapi menghabiskan sebagian besar masa hidup profesionalnya di Indonesia sejak tahun 1974. Ia menjadi orang terkaya ke-4 di Indonesia versi Forbes dengan kekayaan $7.5 B atau sekitar Rp109 Triliun

5. Anthoni Salim

Anthoni Salim adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Ia adalah pemilik salim group yang diwarisi dari sang Ayah Sudono Salim. Sempat mengalami kemerosotan di masa Sudono Salim, Salim Group kembali bangkit setelah pindah ke tangannya.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesPerusahaan penting yang dimiliki Anthoni Salim adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills yang sudah dikenal masyarakat luas. Majalah Forbes menempatkan pria 69 tahun ini sebagai orang terkaya ke-5 di Indonesia dengan kekayaan $5.3 B atau sekitar Rp77 Triliun.

6. Tahir

Dato’ Sri Tahir lahir di Surabaya, 26 Maret 1952 adalah seorang pengusaha di Indonesia, investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Unit usahanya meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesSempat bercita-cita jadi dokter, namun semuanya kandas ketika ayahnya sakit sehingga ia tidak dapat melanjutkan kuliah. Ia kemudian melanjutkan bisnis sang ayah hingga mendapat beasiswa melanjutkan kuliah bisnis di Singapura. Ia menjadi orang terkaya ke enam versi forbes dengan kekayaan $4.5 B atau sekitar Rp65 Triliun.

7. Chairil Tanjung

Chairul Tanjung MBA adalah pengusaha asal Indonesia. Sempat menjadi Menko Perekonomian di Pemerintahan SBY, ia juga dikenal sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Ia membangun bisnisnya ketika berkuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesSempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources. Ia menjadi orang terkaya ke tujuh versi forbes dengan kekayaan $3.5 B atau sekitar Rp51 Triliun.

8. Boenjamin Setiawan

dr. Boenjamin Setiawan, Ph.D, lahir pada tahun 1933 lebih dikenal dengan “Dr. Boen” adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Bersama 6 saudaranya, ia mendirikan PT Kalbe Farma, bergerak dibidang farmasi, yang berkembang menjadi Kalbe Group.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesKalbe Group berkembang kebeberapa lini,diantaranya: farmasi, makanan kesehatan, bisnis pengepakan, distribusi, pergudangan, sarana riset modern, pendidikan (Kalbis Institute)
dan rumah sakit. Ia dinobatkan sebagai orang terkaya ke delapan dengan kekayaan $3.2 B atau sekitar Rp46 Triliun.

9. Jogi Hendra Atmadja

Jogi hendra Atmadja dilahirkan di Jakarta pada tahun 1946. Setelah menamatkan sekolah menengah atas, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti. Setelah lulus dari sana, Jogi Hendra Atmadja bersama dengan Drs. Raden Soedigdo dan Ir.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesDarmawan Kurnia mendirikan PT Mayora Indah pada tanggal 17 februari 1977 di Jakarta. Perusahaan Mayora yang mereka dirikan memproduksi makanan ringan yang menjadi andalan perusahaan, yaitu salah satunya adalah biskuit Roma Kelapa yang dikenal sebagai biskuit sejuta umat. Ia menduduki peringkat sembilan orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan $3.1 B atau sekitar Rp45 Triliun.

10. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu lahir dengan nama Phang Djoem Phen di Sambas, Kalimantan Barat, pada tahun 1944. Terlahir dari keluarga miskin mengharuskan Prajogo hanya menamatkan sekolahnya sampai tingkat menengah pertama. Hal ini membuatnya merantau ke jakarta untuk mencari pekerjaan.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi ForbesNamun ia kembali ke kalimantan karena tak kunjung dapat kerja. Ia kemudian menjadi supir angkot. Nasib baik menghampirinya ketika ia bertemu dengan pengusaha kayu asal malaysia. Hingga pada akhirnya ia memiliki perusahaan kayu sendiri yang ia beri nama PT. Barito Pasifik. Ia dinobatkan sebagai orang terkaya kesepuluh dengan kekayaan $3 B atau sekitar Rp43 Triliun.

Demikian 10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Versi Forbes, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
1
Keren
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah