10 Orang Indonesia yang Pernah Mengaku Nabi Bahkan Tuhan


1
14 shares, 1 point
10 Orang Indonesia yang Pernah Mengaku Nabi Bahkan Tuhan
Sumber gambar: Youtube

Salah satu tanda berakhirnya jaman ini adalah munculnya manusia yang mengaku sebagai nabi, mengaku sebagai utusan Tuhan untuk meneruskan risalah agama. Indonesia, salah satu negara yang penduduknya ada mengaku sebagai nabi. Mereka mengaku nabi tapi mereka tidak mempunyai kitab seperti nabi-nabi sebelumnya, mereka juga tidak punya riwayat, kisah atau sejarah yang hebat seperti nabi jaman dahulu.

Hal ini cukup meresahkan masyarakat Indonesia, tak pelak akhirnya mereka berurusan dengan aparat pemerintah karena tertuduh dalam penistaan dan penghinaan agama. Seperti dikutip 10pedia.net dari berbagai sumber, berikut ini adalah orang-orang yang pernah mengakui diri mereka sebagai Nabi bahkan ada yang mengakui dirinya Tuhan, wow!. Simak 10 Orang Indonesia yang Pernah Mengaku Nabi Bahkan Tuhan di bawah ini:

10. Ahmad Musadeq

Setiap agama punya haluan dan ajarannya sendiri, maka adalah sesuatu yang salah jika mencampuradukkan atau menyamaratakannya. Hal inilah yang dilakukan oleh Ahmad Musadeq alias Abdussalam lewat alirannya yang bernama Al Qiyadah Al Islamiah. Organisasi yang didirikan tahun 2006 ini pun mendapatkan sorotan publik gara-gara petuahnya yang tak lazim itu. Bahkan masyarakat makin dibikin kalut ketika Ahmad Musadeq mengangkat dirinya sebagai nabi.

10. Ahmad MusadeqSelain mengaku sebagai nabi, pria yang umurnya lebih dari separuh abad itu juga menyebarkan petuah sesat. Misalnya anjuran untuk tidak mewajibkan sholat, puasa dan ibadah wajib lainnya. Musadeq sendiri mengaku jika dirinya mendapatkan wahyu. Salah satunya lewat proses semedi di Gunung Bunder, Bogor, selama 40 hari. Lantaran meresahkan, akhirnya Musadeq dan organisasinya pun dilabeli sesat oleh MUI. Polisi berhasil meringkusnya dan membuat si nabi palsu ini bertobat dengan kembali mengucapkan syahadat. Meskipun mengaku taubat, Musadeq sepertinya masih aktif menyebarkan ajaran barunya yang merupakan turunan dari Al Qiyahdah Al Islamiah.

9. Dedi Mulyadi

Nama ini mungkin asing di telinga, namun kalau sebutan Eyang Ended mungkin lebih banyak yang ngeh. Ya, selain Musadeq, Dedi Mulyadi ini pernah mengaku dirinya sebagai nabi. Namun konyolnya, perintah menjadi nabi didapatkannya dengan jalan bermusyawarah dengan jin. Hal ini sepertinya cukup masuk akal dengan melihat fakta kalau Eyang Ended ternyata juga seorang dukun.

9. Dedi MulyadiSama seperti nabi palsu lainnya, Dedi pun mengajarkan anjuran-anjuran sesat yang jauh dari agama. Misalnya melakukan ritual keagamaan lewat jalan berhubungan fisik dengan perempuan yang bukan istrinya, sampai mewajibkan anggota baru yang ingin bergabung untuk setor uang sebanyak 5 juta rupiah. Aksi ini pun akhirnya ketahuan dan si nabi palsu mendapatkan pasal ganda. Yakni penistaan agama dan juga pidana. Karir kenabian Dedi pun berakhir tragis di dinginnya sel penjara.

8. Ashriyanti Samuda

Berbeda dengan Musadeq dan Dedi Mulyadi, Ashriyanti Samudra yang juga mengaku dirinya nabi adalah seorang wanita. Nabi wanita sendiri sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru. Dulu sepeninggal Nabi Muhammad, sudah ada wanita yang mengaku sebagai nabi bernama Sajjah. Uniknya, Sajjah adalah istri Musailamah yang juga mengaku sebagai nabi.

8. Ashriyanti Samuda

Ashriyanti sendiri adalah seorang PNS, kiprah kenabiannya mulai tercium aparat dari mulut ke mulut serta sebuah buku pengakuan si nabi palsu. Setelah dipastikan sesat, MUI pun menggiringnya untuk dialog. Uniknya ketika didebat si nabi palsu ini bersikukuh jika dirinya memanglah seorang nabi. Bahkan Ashriyanti menyatakan jika semua yang hadir di sidang tersebut adalah umatnya. Hal ini pun makin membuat aparat punya alasan menahan sang nabi palsu. Ashriyanti pun disidang pada tanggal 15 Juni 2012 lalu.

7. Cecep Solihin

Tidak berakhir dengan Ahmad Musadeq dkk, ternyata aksi mengaku diri sebagai nabi masih terus berlanjut dan kali ini dilakukan oleh pria muda bernama Cecep Solihin. Pria ini bikin geger setahun yang lalu gara-gara mengaku sebagai rasul. Selain pengakuannya tersebut ia juga mengajarkan doktrin-doktrin aneh yang membingungkan dan bikin sesat. Misalnya saja menyuruh jihad ke Aceh, meminjam uang ke bank tanpa perlu mengembalikan, sampai mencuci otak pengikutnya untuk tidak mengakui NKRI.

7. Cecep SolihinKetika ditangkap pihak kepolisian Cecep ngotot mengaku dirinya bukan nabi, melainkan hanya penyampai risalah. Pada akhirnya pria beristri tiga ini pun mengakui kesalahannya dan melakukan taubat dengan memperbarui syahadat. Sang nabi palsu pun berjanji jika melakukan kesalahan tersebut untuk kedua kalinya maka ia siap dihukum berat.

6. Lia Eden

Tentang kasus seseorang yang mengaku utusan Tuhan khususnya di Indonesia, nama Lia Aminuddin atau Lia Eden memang yang paling fenomenal. Meskipun tidak mengaku nabi, tapi wanita satu ini menganggap dirinya adalah reinkarnasi dan representasi dari banyak sosok. Mulanya ia mengaku sebagai malaikat Jibril, lalu Bunda Maria dan pernah juga sebagai Mahdi atau Messiah. Tak cuma itu, ia pun pernah mengangkat anaknya, Ahmad Mukti sebagai Nabi Isa.

6. Lia EdenLia sendiri mendirikan sebuah perkumpulan bernama Salamullah yang jumlah anggotanya lumayan banyak. Kegiatan perkumpulan ini sendiri juga lumayan aktif, salah satunya pada tahun 1999 lalu ketika mereka memerangi Nyi Roro Kidul. Hampir semua ajaran Lia Eden sesat, sehingga polisi pun punya lebih dari cukup bukti untuk menangkap wanita yang jago merangkai bunga ini dan menjebloskannya ke penjara. Beberapa waktu lalu namanya kembali mencuat. Terutama ketika ia mengkritik pemerintahan Jokowi. Serta yang paling heboh lagi tentu saja surat permohonannya kepada sang presiden untuk meminjam monas sebagai landasan UFO yang bakal menjemputnya.

5. Sabar Nababan

Seorang dosen di Universitas Mataram (Unram), Sabar Nababan, mengaku dirinya sebagai Tuhan sebuah agama baru Agama Angkasa Nauli (AAN). Pihak Kepolisian Resor Mataram mengatakan Sabar mengidap schizofrenia atau kelainan mental jangka panjang. Sabar Nababan bikin heboh media sosial, terutama di Facebook karena pengakuannya sebagai Tuhan dari AAN. Banyak yang berkomentar negatif terhadap Sabar, tak sedikit pula yang memilih untuk menganggapnya sebagai candaan.

5. Sabar NababanTerlepas dari itu, Sabar memang tak mau memaksa orang masuk ke agamanya, termasuk anak dan istrinya. Mahasiswanya juga tak keberatan saat diajar olehnya. Dia mengaku punya tempat ibadah bernama Bait Suci, yakni di rumah sendiri. Dia mengklaim ada lima orang yang sudah menjadi pengikutnya.

4. Indra Okta Permana

Indra Okta Permana (35) alias Raden warga Kampung Cisoka Balaraja, Tangerang mengaku sebagai perwujudan Tuhan. Dia dihakimi massa di Kampung Gunungkarang Sukabumi, Jawa Barat karena kedapatan meminta salah seorang warga untuk membakar kitab suci Alquran. Raden dianiaya hingga pingsan, beruntung nyawa pemuda pengangguran itu berhasil diselamatkan oleh aparat kepolisian dari Polres Sukabumi Kota.

4. Indra Okta PermanaMenurut keterangan polisi, pelaku kepada warga setempat mengaku sebagai perwujudan Tuhan. Dia menyebarkan ajaran sesat kepada satu keluarga dengan meminta kepada penganutnya itu untuk menyembah matahari dan tidak menjalankan ibadah salat. Puncaknya, pelaku bersama dua saudara Agus yang lain yaitu Tatang dan Dewi menuju ke sebuah bukit. Di sana kakak beradik tersebut ‘dibaiat’ oleh pelaku dengan melarang salat dan dilarang membaca Alquran. Pelaku diancam dengan pasal penistaan agama dan penganiayaan, dengan ancaman hukuman selama 6 tahun penjara.

3. Agus Imam Solichin

Pemimpin aliran Satria Piningit Weteng Buwono, Agus Imam Solichin, mengklaim dirinya sebagai Tuhan sejak 2005-2006. Agus juga mengaku titisan Soekarno. “Agus telah melalui 2 tahap yaitu sebagai imam mahdi tahun 2003-2004 dan mengaku sebagai Tuhan tahun 2005-2006,” kata Eko (24), salah seorang pengikut.

3. Agus Imam SolichinHal itu disampaikan Eko kediamannya sekaligus markas Satria Piningit Weteng Buwono, Kebagusan 2 RT 10 RW 06, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Karena telah mengaku sebagai Tuhan, menurut dia, Agus mengajak pengikutnya untuk meninggalkan salat.  Eko mengatakan, Agus mengaku sebagai titisan Soekarno pada 6 Juni 2008.  Pengamatan detikcom, puluhan gambar mantan Presiden Soekarno tampak dipajang di lantai 2. Ada juga alat-alat musik seperti gitar dan piano.  Agus telah divonis 2,5 tahun bui.

2. Dimas Kanjeng

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur bersyukur kedok Dimas Kanjeng terbongkar. Bila tidak, bisa jadi pria tambun tersebut bakal mengaku sebagai nabi, bahkan Tuhan. MUI Jatim menemukan banyak bacaan istigasah yang tidak cocok di padepokan itu bila dibandingkan dengan istigasah yang lain. MUI Jatim juga menemukan bahwa Dimas Kanjeng kerap berkata bahwa ia adalah Tuhan, suatu ucapan yang sangat tidak pantas.

2. Dimas Kanjeng“Ucapannya kira-kira seperti ini, ‘Ingsun iki (saya ini) Tuhan.’ Itu kan sama saja seperti ajaran Syeh Siti Jenar yang mengajarkan wahdatul wujud yang berarti orang itu adalah zat Tuhan itu sendiri,” ujar Ketua MUI Jatim Abdusshomad Buchor. Selain itu, Abdusshomad juga menemukan apa yang disebut sebagai selawat fulus di dalam istigasah yang digelar Padepokan Dimas Kanjeng. Secara arti kata, fulus adalah uang. Namun Abdusshomad enggan mengartikan itu. Dimas Kanjeng divonis 21 tahun penjara dalam tiga perkara yang menjeratnya.

1. M’A Abud Lakum Dinukum Waliyadin alias Empud

Yang terbaru nih di 2019 seorang pria asal Sukabumi kembali menggegerkan Indonesia. Pria paruh baya di Sukabumi, Jawa Barat membuat pengakuan nyeleneh. Dia mengaku sebagai tuhan dan nekat menduduki Alquran. Ia pun mengklaim berusia 1719 tahun. Sejumlah pengakuan nyeleneh mengalir dari mulut pria tersebut, pengakuannya bahkan berubah-ubah hingga membuat petugas kebingungan.

EmpudSejurus kemudian Abud kembali mengklarifikasi keterangannya, dia mengaku berusia 46 tahun. Untuk memastikan hal itu, polisi akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan dokter spesialis kejiwaan. Seperti diberitakan, seorang pria paruh baya bikin geger pengguna media sosial di Sukabumi, Jawa Barat. Ia mengaku tuhan. Pria bernama M’A Abud ini pun menduduki Alquran. Aksi itu direkam sejumlah pelajar dari SMAN 4 Kota Sukabumi.

Demikian 10 Orang Indonesia yang Pernah Mengaku Nabi Bahkan Tuhan, semoga bermanfaat. Semoga tidak ada lagi kejadian-kejadian hari ini di Indonesia. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
0
Keren
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
2
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah