10 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Sampai Sekarang


1
5 shares, 1 point
10 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

Di dunia ini banyak sekali misteri-misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini. Misteri ini berawal dari cerita-cerita sejarah jaman dulu yang kebenarannya tidak bisa dipastikan pada jaman sekarang ini. Bahkan beberapa misteri ini telah menjadi topik utama beberapa peneliti kata sandi, pemburu harta karun sampai sejarawan.

Uniknya adalah jika setiap misteri ini dicari di Internet pemecahannya, maka akan ada orang-orang yang menjawab misteri terkait telah berhasil dipecahkan. Walaupun begitu, hal ini tetap menjadi misteri bagi manusia karena pemecahan tersebut tidak dapat dipastikan kebenarannya terkecuali jika suatu saat manusia dapat kembali ke masa lalu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kami sajikan 10 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Sampai Sekarang:

10. Monumen Kryptos

Pernah dengar tentang monumen atau pahatan sandi Kryptos? Kryptos yang berdiri tegak di depan markas CIA di Virginia, Amerika Serikat, diresmikan keberadaannya pada tanggal 3 November 1990 oleh para petinggi CIA. Dalam bahasa Yunani, Kryptos mempunyai arti “Tersembunyi”. Rasanya nggak aneh deh pahatan sandi tersebut dinamai demikian. Pembuatnya, Jim Sanborn, memang dikenal sebagai seniman yang karyanya selalu mengandung pesan-pesan tersembunyi. Dan kegemarannya itu dilakukannya juga pada Kryptos.

Monumen Kryptos
Image #: 12705752 Kryptos is a sculpture by American artist Jim Sanborn located on the grounds of the Central Intelligence Agency (CIA) in Langley, Virginia. Since its dedication on November 3, 1990, there has been much speculation about the meaning of the encrypted messages it bears. Of the four sections, three have been solved, with the fourth remaining one of the most famous unsolved codes in the world. The sculpture continues to provide a diversion for some employees of the CIA and other cryptanalysts attempting to decrypt the messages. MAI /Landov

Di struktur utama Kryptos terpahat empat pesan tersembunyi di antara 865 karakter aneh yang tertera. Pesan tersebut umumnya berisi tentang perenungan terhadap alam, sifat alami kerahasiaan, dan kerumitan kebenaran yang disampaikan. Dalam kurun 20 tahun lebih, baru tiga pesan yang telah terungkap. Informasi dan petunjuk yang diberikan Sanborn pun ternyata masih belum membantu. Susahnya memang gak main-main nih. Ayo siapa mau coba memecahkannya?

9. Wabah Menari Tahun 1518 (Dancing Plague)

Mendengar kata wabah menari mungkin kamu bakal mengira konsepnya kayak video viral di dunia maya. Tetot… Anda salah. Fenomena ganjil ini benar-benar pernah terjadi di Strasbourg pada zaman Romawi kuno pada tahun 1518 (sekarang Strasbourg masuk bagian Prancis).

Wabah Menari (Dancing Plague)Semua ini bermula dari seorang wanita yang tiba-tiba menari dengan hebohnya di tengah jalan kota. Ia terus-menerus menari sampai nggak bisa dihentikan. Lebih ajaibnya lagi, setiap orang yang melihatnya menari malah jadi ikut-ikutan menggoyangkan tubuh. Mereka bergoyang berjamaah dengan gerakan yang brutal, sampai-sampai bisa melukai satu sama lain. Penyebab wabah menari masih belum diketahui dengan pasti sampai sekarang.

8. Keberadaan Kota Atlantis

Pertama kali saya tahu Atlantis itu dari film Spongebob. Di film itu, Atlantis yang terletak di dasar laut digambarkan sebagai negeri yang sangat indah. Tapi sayang, belum ada satu pun orang yang benar-benar memastikan apakah Atlantis memang benar-benar ada. Nama Atlantis pertama muncul dalam buku Timaeus dan Kritias karya Plato. Di dalam buku itu, Plato menggambarkan bagaimana megah dan majunya Atlantis.

Keberadaan Kota AtlantisWalaupun begitu, kebanyakan ahli yang meneliti literatur tentang Atlantis menganggapnya hanya mitos belaka. Ketidakpastian eksistensi dan lokasi dari Atlantis ini otomatis melahirkan berbagai teori. Saking banyaknya teori, sampai-sampai Charles Orser sang kurator sejarah mengatakan “Pilihlah satu tempat di peta, dan seseorang bisa mengatakan bahwa Atlantis terletak di sana.”

7. Monumen Georgia Guidestones

Di Georgia juga ada monumen batu berbentuk persegi panjang yang berdiri pada tahun 1979. Tapi sayangnya, masih belum ada yang tahu siapa sebenarnya pembuat monumen itu dan apa makna dari pesan yang ditulis di situ.

Monumen Georgia GuidestonesOke, jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, mungkin kamu bisa memahami sebagian besar dari pesan di monumen itu. Ada 10 pesan yang ditulis dalam delapan bahasa. Pesannya sendiri meliputi aturan-aturan dalam menjalani kehidupan, di antaranya:

  1. Pertahankan jumlah manusia di dunia tidak lebih dari 500.000.000 penduduk agar terjaga keseimbangan populasi manusia dengan alam
  2. Tuntunlah reproduksi dengan bijak, meningkatkan kemampuan dan keberagaman.
  3. Satukan manusia dengan satu bahasa yang baru.
  4. Aturlah gairah – iman – tradisi – dan segala sesuatunya dengan secukupnya.
  5. Lindungi manusia dan bangsa-bangsa dengan hukum dan sistem pengadilan yang adil.
  6. Biarkan semua bangsa memiliki aturan internal-eksternal guna menyelesaikan sengketa di pengadilan dunia.
  7. Hindarilah membuat hukum yang picik dan mengangkat pejabat yang tak berguna.
  8. Seimbangkan hak pribadi dengan kewajiban sosial.
  9. Hormati kebenaran, keindahan, cinta, agar tercipta harmoni yang tak terbatas.
  10. Janganlah menjadi manusia yang mencelakakan bumi. Sisakan ruang untuk alam.

Apa 10 pesan di atas bisa kamu pahami? Tapi coba kita lihat pesan yang pertama: “Pertahankan jumlah populasi manusia di angka 500 juta…”.  Jika pesan itu dilaksanakan, berapa jumlah manusia yang harus dikorbankan coba!? Apa maksud dan makna dari pesan tersebut!?

6. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda, disebut juga Devil’s Triangle, adalah sebuah wilayah pada bagian barat dari Utara Samudra Antlantik. Walaupun nama dari segitiga ini tidak pernah dianggap oleh pelaut Amerika, beberapa pesawat dan kapal dikatakan telah hilang dalam segitiga ini karena kejadian yang tidak diketahui. Walaupun pencarian demi pencarian telah dilakukan, bukti atau bangkai dari pesawat atau kapal terkait tidak pernah ditemukan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bangkai kapal atau pesawat ditemukan, tetapi orang-orang yang berada di dalamnya tidak pernah ditemukan.

Segitiga BermudaHal ini sering dikatikan dengan kejadian paranormal atau aktivitas mahluk luar angkasa. Uniknya, walaupun ada kepercayaan ini, perusahaan asuransi atau perusahaan terkait tidak memberikan harga lebih untuk pengiriman di sekitar wilayah ini. Banyak spekulasi berbeda atas kejadian di Segitiga bermuda ini, ada yang mengatakan ini adalah hasil kerja alien, mahluk gaib, medan magnet, gelombang arus, kesalhan manusia itu sendiri dan yang paling dapat diterima adalah gas metana.

5. El Dorado, Kota Emas yang Hilang

El Dorado adalah adalah nama dari kepala suku Muisca – suku yang berbahasa Chibcha yang menyelimuti badannya dengan debu emas (mas urai) dan, memiliki ritual terjun ke Danau Guatavitas. Nama El Dorado kemudian dikenal menjadi nama dari “Kota Emas yang Hilang”, memukau para penjelajah sampai saat ini. Tidak ada bukti nyata dari keberadaan hal ini. Dalam ilustrasinya sebagai sebuah tempat, El Dorado adalah sebuah kerajaan dan sebuah kota dari Raja Emas yang melegenda.

El Dorado, Kota Emas yang HilangUntuk mencari tahu hal ini, Francisco Orellana dan Gonzalo Pizarro berangkat dari Quito pada tahun 1541 ke Cekungan Amazon, yang menyebabkan Orellana menjadi orang pertama yang pernah ke Sungai Amazon untuk seluruh panjang sungai tersebut. Melalui cerita ini, Dreamworks pernah membuat film animasi mengenai Kota Emas yang Hilang ini. Film animasi tersebut menceritakan dua orang yang menemukan keberadaan El Dorado, dimana akhirnya El Dorado tersembunyi dari dunia untuk selamanya.

4. Jumlah Suku Sentinel

Suku Sentinel merupakan suku yang sangat terisolasi dari dunia luar. Saking tertutupnya, jangan harap deh kamu bisa kenalan sama mereka. Selangkah saja kaki kamu masuk ke wilayah mereka, kamu harus siap-siap untuk disambut dengan hujan panah.

umlah Suku SentinelKarena hal itu pula nggak ada yang tahu pasti berapa jumlah penduduk Pulau Sentinel. Berdasarkan sensus di tahun 2011, antropolog memerkirakan ada paling sedikitnya 15 orang dan paling banyak 500 orang. Itu pun masih perkiraan! Pasti ribet ya jadi kalau jadi petugas sensusnya. Biar bagaimanapun juga, keputusan mereka untuk mengisolasi diri tetaplah harus kita hormati.

3. Bola Batu Zaman Prasejarah

Misteri lain yang belum terpecahkan dan yang mengejutkan seluruh dunia adalah misteri bola batu prasejarah. Di Kosta Rika, kehadiran ratusan bola batu besar dapat ditemukan. Yang membingungkan, bola batu ini diyakini dibuat oleh manusia prasejarah.

Bola Batu Zaman PrasejarahPara ilmuwan dan arkeolog tidak dapat menemukan jawaban dari misteri ini. Bola tersebut diameternya berukuran 8 kaki. Beberapa peneliti menyebut, batu ini digunakan untuk upacara keagamaan. Namun tidak ada bukti kuat yang mengkonfirmasi hal itu. Dengan demikian, kehadiran bola batu ini tetap menjadi misteri bagi masyarakat. Selain itu, bagaimana batu-batu ini terangkat ke atas bukit, merupakan pertanyaan yang tak terpecahkan.

2. Yeti dan Big Foot (Sasquatch)

Dikatakan adalah sebuah mahluk mengerikan tersembunyi berbentuk kera yang lebih besar dari kebanyakan manusia. Yeti tinggal di daerah Himalaya Nepal dan Tibet, berbeda halnya dengan Big Foot  atau Sasquatch, yang tinggal di hutan-hutan pada Barat Laut Pasifik, Amerika Utara. Yeti juga dikenal dengan Meh-Teh, sebutan yang digunakan orang-orang di wilayah tersebut, dan mempercayai bahwa Yeti adalah bagian dari sejarah dan mitologi mereka. Komunitas peneliti mempercayai bahwa Yeti hanya merupakan bagian dari legenda, walaupun begitu ia tetap merupakan salah satu mahluk misterius paling terkenal yang sering disamakan dengan ‘saudaranya’, Big Foot.

Yeti dan Big Foot (Sasquatch)Walaupun banyak foto mengenai Big Foot, tidak ada bukti nyata yang konklusif atas keberadaannya. Para ahli mempercayai bahwa legenda Big Foot adalah kombinasi dari kisah rakyat dan kepalsuan, tetapi ada juga para ahli yang mempercayai atas keberadaannya. Ada spekulasi yang mengatakan bahwa Big Foot dan Yeti adalah mahluk yang serupa dengan Monster Loch Ness, dimana mereka merupakan sisa-sisa jaman dinosaurus, yakni Gigantopithecus Blacki – kera yang sangat besar.

1. Voynich Manuscript

Voynich Manuscript dideskripsikan sebagai “manuscript paling misterius di dunia”, dinamakan dari agen buku Wilfrid Voynich yang membeli manuscript ini pada tahun 1912. Didonasikan ke Yale University’s Beinecke Rare Book and Manuscript Library pada tahun 1969, dimana disana disebut dengan “Cipher Manuscript.” Merupakan buku dengan 240 halaman yang ditulis dalam bahasa yang tidak dikenal. Kebanyakan halamannya berisikan atas ilustrasi bewarna dan diagram, kejadian dan tumbuhan yang tidak jelas.

Voynich ManuscriptBerdasarkan ilustrasi gambar yang ada, didapatkan bahwa dokumen ini berisikan mengenai Herbal, Astronomi, Biologi, Cosmological, Pharamceutical dan resep-resep. Hasil akhir yang didapatkan mengatakan bahwa manuscript ini adalah sesuatu yang palsu dan tidak berarti, karena upaya dan biaya yang dikeluarkan untuk manuscript ini tidaklah kecil dan itu juga tidak membuahkan hasil. Walaupun begitu beberapa orang masih mempercayai, bagaimana jika manuscript ini berhasil diartikan? Apakah ia akan memberikan pengetahuan baru bagi manusia?

Demikian 10 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Sampai Sekarang, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
1
Keren
Kaget Kaget
1
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah