10 Masa Kelam dalam Sejarah Manusia


1
22 shares, 1 point
10 Masa Kelam dalam Sejarah Manusia

Hidup memang seimbang, ada masa bahagia, ada juga masa kelam. Berbicara masa kelam, ada banyak sekali masa kelam yang pernah terjadi di masa lalu. Sejarah yang begitu kelam sehingga banyak orang lebih memilih untuk tidak membicarakannya.

Seperti dikutip 10pedia.net dari TahuPedia, berikut ini 10 Masa Kelam dalam Sejarah Manusia:

10. Penyerangan Gedung WTC

Ancaman teroris memang tak bisa dianggap sepele. Jika kalian ingin lihat betapa mengerikannya akibat yang disebabkan oleh teroris, kalian bisa menoleh pada Amerika Serikat. Negeri Paman Sam menjadi salah satu korban dari aksi teroris, dimana gedung kembar World Trade Center dan Pentagon hancur diserang teroris.

10. Penyerangan Gedung WTCAksi penyerangan gedung WTC dan Pentagon tersebut terjadi pada tanggal 11 September 2001. Dua gedung pencakar langit Amerika Serikat tersebut hancur akibat ditabrak oleh pesawat yang sebelumnya sudah dibajak oleh teroris yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Al-Qaeda. Sebanyak 3.000 orang menjadi korban atas serangan teroris tersebut.

9. Pearl Harbor

Amerika sama sekali tidak menduga bahwa salah satu pelabuhan militernya, Pearl Harbor, hancur berantakan. Kejadian mengerikan ini terjadi pada tanggal 7 Desember 1941. Dan yang membuatnya parah adalah, kejadian ini terjadi tepat di pagi hari. Membuat Amerika benar-benar tak siap menghadapi dan melakukan pertolongan pada korban.

9. Pearl HarborSerangan pada pelabuhan Pearl Harbor dilakukan oleh pasukan udara Jepang. Dengan terjadinya pengeboman ini, membuat Amerika turut serta dalam Perang Dunia II. Aksi pengeboman dilakukan oleh Jepang sebagai aksi spontan untuk menjaga wilayah teritorial mereka dari lawan mereka. Ada 3 negara yang diwaspadai oleh Jepang yaitu Inggris, Belanda, dan Amerika.

8. Perang Dunia I

Ada 2 perang besar yang tidak akan terlupa, Perang Dunia I dan Perang II. Namun yang akan dibahas pertama kali adalah Perang Dunia I. Perang Dunia I terjadi pada tahun 1914, sulit mencari pihak yang paling disalahkan dalam Perang Dunia I. Akhirnya diputuskan, kemanusiaan pada umumnya yang pantas disalahkan.

Baca juga: 10 Dewa Mitologi yang Melambangkan Cinta dan Nafsu

8. Perang Dunia IDulu, setiap negara di Eropa saling membenci satu sama lain. Dan masing-masing negara mencari alasan untuk bisa melakukan invasi. Awal mula kejadian yang memicu terjadinya Perang Dunia I adalah pembunuhan Franz Ferdinand, seorang Archduke (anak raja) Austria. Ia dibunuh oleh Gavrilo Princip. Motif pembunuhan dikarenakan Gavrilo Princip ingin menunjukkan keberaniannya pada Pasukan Serbia yang membuangnya karena terlalu kecil dan lemah. Nah, perang semakin besar diakibatkan setiap negara di Eropa memiliki perjanjian dengan negara lain. Isi perjanjian tersebut adalah, bila kalian diserang, kami akan siap membantu.

7. Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki

Sejumlah negara di dunia sudah melengkapi kekuatan militer mereka dengan senjata nuklir. Ini dilakukan agar tidak ada negara yang berani macam-macam. Seperti yang kita tahu, nuklir adalah senjata yang kuat. Kedahsyatannya bisa mengakibatkan kerusakan yang tak bisa terbayangkan. Jepang adalah salah satu negara yang pernah merasakan betapa mengerikannya bom nuklir.

7. Bom Atom Hiroshima dan NagasakiPengeboman 2 kota di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki terjadi di puncak Perang Dunia II. Pengeboman dilakukan oleh Amerika pada 6 dan 9 Agustus 1945. Adalah Hiroshima yang pertama kali dibom oleh Amerika. Tiga hari berselang adalah Nagasaki yang menjadi korban. Di Hiroshima, korban yang jatuh sebanyak hampir 150.000 jiwa dan Nagasaki 300.000 jiwa.

6. Holodomor

Holodomor merupakan bahasa Ukraina yang artinya dibunuh karena kelaparan. Bukan tanpa sebab, Holodomor disebabkan oleh Josef Stalin. Josef Stalin sendiri adalah sosok pemimpin terkejam di dunia yang hidup di tahun 1920an. Stalin melakukan kejahatan genosida pada rakyat Ukraina dengan membuat mereka mati kelaparan.

Baca juga: 10 Benda Mitologi Paling Menakjubkan di Dunia

6. HolodomorSetiap aksi pasti ada alasan, Stalin memiliki alasan sendiri kenapa sampai tega melakukan Holodomor pada penduduk Ukraina. Semua dilakukan karena Stalin tidak suka ketika Ukrainan ingin menyatakan sebagai negara merdeka. Perlu kalian tahu, sebelum merdeka seperti sekarang, Ukraina adalah bagian dari Rusia. Makanya dulu nama Ukraina adalah Ukraina SSR.

5. Black Plague/ Black Death

Pada tahun 1346, terjadi sebuah wabah penyakit yang sangat mematikan yang disebut dengan Black Plague (sampar/pes). Wabah Black Plague ini sangat cepat menular, tak heran jika Black Plague sampai memakan korban jiwa sebanyak 60% populasi penduduk Eropa. Diperkirakan 75 sampai 200 juta jiwa melayang akibat wabah Black Plague.

5. Black Plague Black DeathKarena di kala itu masih percaya dengan keberadaan penyihir, penduduk Eropa menyalahkan para penyihir akibat munculnya Black Plague. Mereka yang terduga sebagai penyihir, ditangkap dan dibakar. Tidak hanya penyihir, kucing domestik atau kucing kampung juga tak luput dari perburuan karena diduga sebagai pembawa sial.

4. Holocaust

Holocaust termasuk bagian dari Perang Dunia II yang mengerikan itu. Dijelaskan bahwa Holocaust merupakan aksi genosida yang dilakukan oleh pemimpin Nazi, Adolf Hitler dan dibantu dengan kolaboratornya. Yang menjadi target dari Holocaust, tidak lain tidak bukan adalah orang-orang Yahudi. Yang mana kita tahu bahwa Hitler memendam kebencian khusus pada kaum ini.

Baca juga: 10 Gambaran Surga dalam Mitologi Dunia

4. HolocaustHolocaust terjadi antara tahun 1941 sampai 1945, selama masa Perang Dunia II. Akibat Holocaust, sebanyak 6 juta orang Yahudi meninggal dunia. Ada beberapa ahli sejarah yang berpendapat bahwa ada kaum lain yang juga menjadi korban Holocaust. Holocaust dilakukan di kamp khusus yang sudah dilengkapi dengan kamar gas. Di dalam kamar inilah, para korban Holocaust tewas mengerikan akibat menghirup gas beracun.

3. Perang Dunia II

Jika Perang Dunia I menjadi masa kelam di sejarah manusia urutan 8, maka Perang Dunia II menjadi masa kelam sepanjang sejarah umat manusia di urutan 3. Bila Perang Dunia I disebabkan oleh kemanusiaan pada umumnya, pada Perang Dunia II, kesalahan sepenuhnya ditujukan pada satu orang yaitu Adolf Hitler, sang penguasa Jerman sekaligus pemimpin pasukan Nazi.

3. Perang Dunia IIBaik Josef Stalin dan Adolf Hitler, mereka berdua adalah sosok pemimpin sadis di dunia. Stalin melakukan kesadisannya dikarenakan dia tidak mau kehilangan kekuatannya. Di sisi lain, Hitler tidak merasa takut sedikitpun. Hitler membawa amarah yang ia pendam sejak kecil dan mengarahkan pada mereka yang tidak tahu apa-apa. Apalagi pada orang Yahudi yang sangat dibenci Hitler, Hitler menghabisi semua orang Yahudi yang ia benci.

2. Perang Salib

Tidak ada yang bagus dari yang namanya perang. Perang hanya menghasilkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Awal alasan terjadinya perang ini adalah untuk merebut kota Yerusalem. Lama kelamaan, tujuan mulai kabur dan menjadi semakin meluas menjadi perang agama.

Baca juga: 10 Hewan Mitologi Hebat yang Justru Dilupakan Banyak Orang

2. Perang SalibPerang Salib pertama kali pecah pada tahun 1095. Perang yang dilakukan oleh umat Kristiani ini dilakukan untuk merebut kembali kota suci Yerusalem dari tangan Kesultanan Turki. Perang ini bahkan direstui oleh Sang Paus, Paus Uran II. Perang Salib inilah yang membawa Eropa menuju jaman Renaissance.

1. Pelecehan Seksual Oleh Katolik Roma

Menjadi hal yang sangat disayangkan ketika organisasi besar dan kuat, Katolik Roma terjadi tindakan tercela seperti pelecehan seksual. Yang menjadikannya semakin parah adalah, tindakan tersebut melibatkan anak kecil. Bukan hanya sesekali tapi ada banyak sekali terjadi kasus pelecehan seksual terjadi di bawah radar Katolik Roma.

1. Pelecehan Seksual Oleh Katolik RomaSkandal yang telah lama terjadi akhirnya tak bisa terbendung. Di tahun 1980an, barulah skandal mulai terkuak ke media. Sebelum merebak ke media, Katolik Roma sendiri sudah melakukan meeting di tahun 1950an. Tapi, tak ada aksi yang dilakukan untuk menghentikan pelecehan yang terjadi. Hasil dari terkuaknya skandal tersebut, sejumlah pastur diperiksa oleh yang berwajib dan dihukum sesuai dengan hukum yang ada.

Demikian 10 Masa Kelam dalam Sejarah Manusia, semoga bermanfaat. Jangan lupa share 10pedia.net ke semua temanmu, karena berbagi itu indah. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
0
Keren
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
4
Sedih
Muntah Muntah
1
Muntah
Marah Marah
0
Marah