10 Manusia Terpendek di Dunia


1
14 shares, 1 point
10 Manusia Terpendek di Dunia

Dwarfisme merupakan sebuah kondisi dimana orang memiliki tubuh yang pendek dan tidak berkembang normal. Kelainan ini disebabkan oleh faktor genetik dan kondisi medis. Pengidapnya punya badan yang pendek, dan umumnya kepala akan tampak lebih besar dibandingkan dengan bagian badan.

Selain tubuh yang pendek, biasanya mereka juga berlengan dan berkaki pendek serta memiliki mobilitas terbatas pada siku. Tinggi orang dewasa yang menderita dwarfisme rata-rata hanya 122 cm. Meskipun bergitu, para penyandang dwarfisme memiliki kemampuan intelektual yang normal.

Baca : 10 Manusia Tertinggi di Dunia

Banyak manusia bertubuh pendek mengalami kesulitan dalam berbagai hal. Namun tidak sedikit juga karena kekurangan fisiknya tersebut malah membuatnya menjadi terkenal dan hidup berkecukupan. Contohnya adalah Peter Hayden Dinklage atau yang dikenal dengan Peter Dinklage saja.

Artis asal Amerika tersebut merupakan aktor terkenal sekaligus produser. Di Indonesia, ada Ucok Baba, yang meski tubuhnya mungil tetapi memiliki ekonomi yang mapan. Kedua orang bertubuh pendek tersebut memang terlihat kecil, tetapi ternyata di dunia ini masih ada yang lebih pendek lagi. Berikut adalah daftar 10 Manusia Terpendek di Dunia:

10. Lin Yü-chih (67,5 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaDi urutan kesepuluh manusia terpendek di dunia ada Lin Yu-chih, seorang lelaki dengan tinggi badan 67,5 cm dari Taipei, Taiwan. Dia merupakan seorang penulis dan aktivis sosial.

9. Khagendra Thapa Magar (67 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaKaghendra adalah lelaki kelahiran Nepal dengan tinggi badan hanya 67 cm. Di tempat asalnya, di Distrik Baglung, Kaghentra dujuluki Buddha Kecil oleh para penduduk sekitar. Manusia terpendek kesembilan di dunia ini memiliki berat badan 600 gram.

8. István Tóth (65 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaIstván adalah seorang pria Hungaria yang meninggal saat berumur 48 tahun. Dengan tinggi 65 cm, dia termasuk ke dalam salah satu manusia terpendek di dunia. Meski begitu, ukuran tubuhnya belum sempat diverifikasi oleh Guinness World Records.

7. Madge Bester (65 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaDi posisi ketujuh manusia terpendek di dunia ada Madge Bester. Wanita asal Afrika Selatan ini berukuran lebih kecil dari bayi yang berumur 1 tahun. Tingginya 65 cm dan dia pernah menyandang gelar sebagai wanita terpendek di dunia.

6. Jyoti Amge (62,8 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaManusia terpendek di dunia yang berada di urutan keenam adalah Jyoti Amge, seorang wanita asal Maharashtra, India. Saat ini, Jyoti adalah pemegang rekor wanita terpendek di dunia yang masih hidup. Tinggi badan aktris kelahiran 1993 ini adalah 62,8 cm.

5. Lucia Zarate (61 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaLucia adalah manusia terpendek kelima di dunia. Wanita asal Meksiko ini memiliki tubuh kecil setinggi 61 cm. Berat badannya hanya mencapai 2,1 Kg yang merupakan berat badan paling ringan yang pernah diukur.

4. Junrey Balawing (59,9 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaPria Filipina dengan tinggi hanya 59,9 cm ini berada di urutan keempat dalam daftar manusia terpendek di dunia. Tubuh pria kelahiran 1993 ini berhenti tumbuh sejak dia berusia 1 tahun. Junrey adalah soerang anak dari pandai besi miskin Sindangan, Zamboanga del Norte, Filipina.

3. Pauline Musters (58 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaSelanjutnya ada Paulina Musters yang menduduki posisi ketiga manusia terpendek di dunia. Pauline adalah seorang gadis kelahiran Belanda yang meninggal pada usia 19 tahun setelah menderita pneumonia dan meningitis. Dengan ukuran tubuh yang hanya 58 cm, Pauline adalah wanita terpendek di dunia yang pernah diukur.

2. Gul Mohammed (57 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaGul Mohammed adalah pria India yang lahir pada tahun 1957. Dia sempat dinobatkan menjadi manusia terpendek di dunia sebelum rekornya dipecahkan oleh Chandra Bahadur Dangi. Bertinggi badan 57 cm, Gul Mohammed menjadi manusia terpendek kedua di dunia.

1. Chandra Bahadur Dangi (54,6 cm)

10 Manusia Terpendek di DuniaManusia terpendek di dunia adalah Chandra Bahadur Dangi. Lelaki yang lahir tahun 1939 dan meninggal pada 2015 lalu ini menjadi manusia terpendek di dunia setelah mengalahkan rekor Gul Mohammed. Chandra memiliki tubuh dengan tinggi hanya 54,6 cm. Dia adalah pria sekaligus manusia terpendek di dunia.

Demikian 10 Manusia Terpendek di Dunia, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
0
Keren
Kaget Kaget
1
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *