10 Makhluk Mitologi yang Diduga Ada di Dunia Nyata


1
7 shares, 1 point
10 Makhluk Mistis yang Diduga Ada di Dunia Nyata

Saat sedang menyaksikan film fiksi atau membaca novel fantasi, pernahkah terpikirkan oleh Anda bahwa makhluk mistis yang berada di dalam cerita itu nyata? Sebagian dari Anda mungkin pernah mempertanyakan hal itu kepada diri sendiri. Seperti apakah naga, kraken, putri duyung, dan makhluk mistis lainnya benar ada di dunia nyata atau tidak.

penelitian terkait keberadaan ‘monster’ fantasi itu pun kerap dilakukan. Beberapa orang percaya bahwa mereka nyata dan sebagiannya bersembunyi dalam ‘bayangan’. Seperti dikutip 10Pedia.net dari Liputan6 (24/07/2019), berikut ini 10 Makhluk Mistis yang Diduga Ada di Dunia Nyata:

10. Naga

Naga merupakan salah satu makhluk mistis populer yang sering ditampilkan dalam cerita rakyat, film fantasi, ataupun novel fiksi. Makhluk itu digambarkan sebagai sosok bertubuh besar, memiliki sayap — ada juga yang tanpa sayap — dan dapat menyemburkan api. Biasanya dalam cerita fiksi, naga diklasifikasikan menjadi dua tipe, baik dan jahat.

10. NagaNaga jahat menyerang manusia dan menyebabkan kerusakan, sementara yang baik menjadi ‘pelindung’ dan sahabat manusia. Walaupun belum ada bukti nyata yang menyebutkan bahwa makhluk itu nyata, ada yang mengatakan bahwa komodo merupakan keturunan naga dalam ukuran yang lebih kecil. Tentunya juga tanpa nafas yang bisa menyemburkan api dan kemampuan terbang.

9. Hobbits

Penelitian terbaru terhadap asal usul manusia menemukan sebuah teori baru yang mengatakan bahwa di Indonesia ditemukan fosil manusia yang dikenal dengan sebutan Hobbits.

9. HobbitsHobbits sendiri sebenarnya nama yang diberikan oleh seorang novelis, J.R.R Tolkien. Manusia yang memiliki kerangka kaki lebih besar dan badan lebih pendek itu dipopulerkan dalam film fantasi ‘Lord of the Ring’. Penemuan kerangka di Pulau Flores disebut-sebut terlihat seperti Hobbits yang berasal dari 12 ribu tahun yang lalu.

8. Kraken

Monster laut dengan belasan tentakel ini hidup di dasar Samudera. Kraken merupakan makhluk mistis yang populer dalam cerita Hercules, Son of Zeus. Kraken digambarkan sebagai makhluk laut mirip gurita dengan kepala yang lebih terlihat seperti monster mengerikan dan suka memangsa kapal-kapal yang berlayar di wilayah kekuasaannya, Greenland Sea. Kraken juga diceritakan sebagai monster laut yang memiliki umur sangat panjang, bahkan bisa mencapai ribuan tahun. Legenda Kraken hidup selama ribuan tahun. Meski terdengar fiksi, Kraken muncul dalam buku sejarah alam Norwegia, ‘Natural History of Norway’ terbitan tahun 1752 yang dikarang Uskup Borgen, Erik Pontoppidan.

Baca di: 10 Transgender Paling Terkenal di Dunia

8. KrakenPada 2011, para peneliti mengklaim menemukan bukti bahwa mahluk mistis itu benar-benar ada. Adalah Mark McMenamin, paleoantologis dari Mount Holyoke College, Massachusetts, yang mengaku menemukan sisa-sisa mahluk laut, di mana Kraken diduga kuat berada di balik kematian mereka. McMenamin mengatakan, bukti keberadaan Kraken — yang panjangnya bisa mencapai 30 meter — berasal dari bekas luka menganga yang ada di tubuh reptil laut raksasa — predator, ichthyosaur yang besarnya mirip bus sekolah. Mahluk itu tenggelam dengan kondisi leher patah. Hasil temuan itu dipresentasikan dalam pertemuan tahuan Geological Society of America di Minneapolis. Peneliti mengklaim, dasar teorinya adalah, lokasi fosil dan tanda hisapan pada tulang . Sementara para kritikus menganggap, klaimnya itu tak lebih dari sekedar dugaan. Teori itu muncul saat McMenamin mulai meneliti sembilan sisa-sisa ichthyosaur dari spesies Shonisaur di Berlin-Ichthyosaur State Park di Nevada.

7. Amazons

Jika Anda merupakan pencinta film anime atau kartun One Piece, tentunya Anda pernah mendengar nama Amazon. Nama Amazon sering dikaitkan dengan keberadaan kelompok prajurit wanita yang tinggal jauh di dalam hutan, tanpa kehadiran lelaki di antara mereka.

7. AmazonsPara perempuan tangguh ini dipercaya sangat membenci kaum pria. Walaupun begitu, para prajurit itu tetap akan ‘menangkap’ beberapa kaum Adam untuk melanjutkan keturunan Amazon. Para perempuan itu dideskripsikan sebagai kelompok ahli memanah, memanjat pohon, dan sangat jago bela diri. Walaupun begitu, tidak ada catatan dalam sejarah, buku, maupun cerita yang menjelaskan mengenai kepunahan kaum ini.

6. Chupacabra

Cupacabra adalah makhluk mitologi modern yang dipercaya masih eksis sekarang ini. Hal ini didasarkan dari laporan para pemilik peternakan di daerah sepanjang Amerika yang sering menjumpai hewan ternaknya mati tiba-tiba. Uniknya, hampir semuanya seperti kehabisan darah.

Baca juga: 10 Kecelakaan Mengerikan di Taman Bermain dari Seluruh Dunia

6. ChupacabraBanyak orang yang melihat makhluk ini secara sekilas bahkan beberapa mengaku berhasil membunuh salah satunya. Dipercaya jika Cupacabra adalah hasil kawin silang antara anjing liar dan domestik dengan ciri-ciri fisik berkulit hitam dan tidak berbulu.

5. Scylla dan Charybdis

Scylla dan Charybdis merupakan dua monster yang tinggal di jrang laut sempit di antara Italia dan Sicily. Legenda mengatakan Odysseus pernah berlayar melintasi Strait of Messina, dan berhadapan dengan kedua makhluk mistis itu di tepi pantai teluk.

5. Scylla dan CharybdisScylla adalah monster yang memangsa musuhnya yang berada di daratan, sementara Charybdis membuat pusaran air di dalam laut untuk menenggelamkan kapal.

4. Bersekers

Berserk dipercaya sebagai sosok prajurit ‘barbar’ yang telah kehilangan sifat kemanusiannya. Mereka menjadi mesin pembunuh yang tak kenal ampun dan belas kasihan. Walaupun begitu, dalam mitologi Norse, berserk merupakan pasukan penjaga kerajaan dan bangsawan. Mereka digambarkan sebagai prajurit tanpa baju atau mengenakan kulit serigala atau beruang.

Baca juga: 10 Kota Hantu yang Benar-benar Ada di Dunia

4. BersekersBerserk sering dikisahkan sebagai sosok penjahat dalam cerita atau legenda. Mereka memerkosa dan membunuh setiap warga yang berada dalam cengkeraman tangan besar berkuku panjangnya. Sejarah mencatat, berserk merupakan pengawal pribadi Raja Norwegia, Haralad I Fairhair pada 872-930 Masehi.

3. Dire Wolf

Dire Wolf hidup bersamaan dengan era manusia pertama. Sesepuh serigala zaman modern ini punya ukuran yang jauh lebih besar, lebih kuat dan juga memiliki gigi setajam pisau dengan ukuran yang besar pula. Dire Wolf masuk ke dalam kelas Megafauna alias klasifikasi hewan-hewan berukuran raksasa.

3. Dire WolfDire Wolf dipercaya sebagai kompetitor atau saingan si Saber Tooth Tiger dalam mencari mangsa. Hewan satu ini juga sering dijadikan inspirasi para game makers dalam membuat karakter monster. Fosilnya sendiri ditemukan di Salamander Cave yang ada di Dakota.

2. Moby Dick

Moby-Dick adalah judul novel karya penulis Amerika Serikat Herman Melville yang diambil dari julukan seekor paus yang diceritakan di dalamnya. Novel ini amat terkenal dan dapat dianggap sebagai salah satu novel klasik dunia. Karya ini bercerita tentang petualangan sang tokoh (bernama Ishmael) dalam mengikuti pelayaran kapal pemburu paus yang dipimpin oleh seorang kapten obsesif bernama Kapten Ahab.

Baca juga: 10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah

2. Moby DickSang kapten hanya memiliki satu kaki akibat kecelakaan di kala memburu seekor paus yang dijulukinya Moby-Dick. Ia sangat bernafsu melampiaskan dendamnya kepada sang hewan hingga tidak peduli akan keselamatan diri maupun anak buahnya.  Moby Dick merupakan kisah populer yang berasal dari novel dan diangkat ke dalam film yang berjudul ‘In the Heart of the sea’.  Tidak banyak yang percaya bahwa paus itu benar-benar ada.

1. Imoogi

Adapun makluk mitologi yang hampir meyerupai dengan makluk Naga, ialah Imoogi. Naga tidak hanya di kenal di negara Eropa, Tiongkok, dan Bali. Misteri mitologi Dunia yang keberadaannya nyata yaitu Imoogi ini asalnya dari legenda Korea, merupakan sebuah mahluk yang wujudnya menyerupai ular raksasa dan setara dengan dragon (naga). Imoogi dipercaya sebagai calon naga yang mampu hidup selama ribuan tahun, dan akan berubah bentuk menjadi seekor naga sesungguhnya pada waktu tertentu dan mampu terbang ke langit.

1. ImoogiKebenaran makluk Imoogi aslinya bukan berada di Korea, tetapi Amerika Selatan, konon telah diketemukan ular phyton berukuran raksasa dan dianggap sebagai cikal bakal dari mahluk mitologi Imoogi. Ular phyton raksasa itu adalah Titanoboa yang mempunyai bobot lebih dari 1 ton serta ukuran panjang mencapai 14 meter. Ular tersebut jelas bisa memangsa manusia hidup – hidup. Tapi sayangnya, mahluk tersebut telah punah sekitar 58-60 juta tahun yang lalu.

Demikian 10 Makhluk Mistis yang Diduga Ada di Dunia Nyata, semoga bermanfaat. Jangan lupa share 10pedia.net ke semua temanmu, karena berbagi itu indah. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
1
Keren
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
1
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah