10 Makhluk Mitologi yang Kurang Terkenal Tapi Bikin Merinding


2
3 shares, 2 points
10 Makhluk Mitologi yang Kurang Terkenal Tapi Bikin Merinding

Setiap negara pasti memiliki kisah tentang makhluk mitologi yang bertahan dari generasi ke generasi. Sebagian masyarakat mungkin hanya menganggapnya sebagai mitos belaka, tapi sebagian ada juga yang percaya. Misalnya seperti hewan penghisap darah dari Meksiko, Chupacabra ; monster bersayap dan bermata merah yang dijuluki Mothman, dari Amerika; atau primata raksasa, Yeti, dari tanah Tibet. Ketiga makhluk misterius tadi sudah sering dibahas di internet meskipun keberadaan dan asal usulnya masih diselubungi misteri.

Namun, ada juga beberapa makhluk mitologi lain yang kurang terkenal tapi gak kalah mengerikan lho. Seperti dikutip 10pedia.net dari Selipan (24/07/2019), berikut 10 Makhluk Mitologi yang Kurang Terkenal Tapi Bikin Merinding:

10. Hecantoncheires (Hekatonkheire)

Hekatonkheire yang berarti “bertangan seratus” adalah raksasa dalam Mitologi Yunani yang memiliki lima puluh kepala dan seratus lengan yang kuat. jumlahnya ada tiga: Briareus atau Aigaion, Kottus, dan Giges atau Gies. Mereka adalah anak dari Gaia dan Uranus. Mereka membuat Uranus marah sehingga Uranus memaksa Hekatonkheire kembali ke rahim Gaea. perbuatan ini memicu pemberontakan Gaia atas Uranus.

10. Hecantoncheires (Hekatonkheire)Ketika Kronos berkuasa, ia tetap memenjarakan Hekatonkheire di Tartaros. Hekatonkheire pada akhirnya dibebaskan oleh Zeus, dan mereka membantu Zeus bertarung melawan para Titan. Hekatonkheire mampu melemparkan ratusan batu-batu besar pada para Titan dan ikut berperan dalam kemenangan Zeus dalam perang Titanomakhia. Salah satu dari Hekatonkheire, Briareus, menjabat sebagai pengawal Zeus.

9. Jorōgumo

Jorougumo (絡新婦 or じょろうぐも, Jorōgumo) adalah youkai yang memiliki bentuk laba – laba, tetapi mengubah bentuknya menjadi wanita cantik ketika ingin menjerat dan memangsa manusia. Legenda Jorougumo  muncul saat zaman Edo, yaitu sekitar tahun 1603 – 1867. Jorougumo  sering diartikan sebagai ‘binding bride’. Jorougumo dipercaya dapat ditemukan di seluruh penjuru Jepang kecuali Hokkaido. Wujud asli Jorougumo adalah laba – laba yang telah berusia 400 tahun, kebanyakan berasal dari spesies orb – weaver spider, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk laba – laba jenis lain.

9. JorōgumoJika orb – weaver spider hanya memilliki ukuran 2 – 3 cm, maka saat bertransformasi menjadi Jorougumo ukurannya dapat menjadi sebesar sapi. Saat berusia 400 tahun, laba – laba dipercaya memiliki kekuatan khusus dan berubah ukuran menjadi besar. Walaupun sering dianggap sebagai makhluk yang jahat, di wilayah Kashikobuchi Jorougumo dianggap sebagai kekuatan peindung yang menyelamatkan manusia yang tenggelan di sunagi atau di sekitar air terjun tempat mereka tinggal. Jorougumo sudah tidak banyak dibicarakan saat ini, mungkin karena umur laba – laba di masa kini banyak atau bahkan tidak ada yang mencapai 400 tahun, atau memang legenda ini sudah mulai terlupakan. Tetapi ada beberapa manga yang mengambil legenda Jorōgumo untuk dijadikan karakter seperti dalam manga xxxholic dan Rosario Vampire.

8. Manananggal

Manananggal adalah makhluk dalam cerita rakyat Filipina yang mirip dengan vampir. Mitos manananggal populer di daerah Visayas, terutama di provinsi Capiz, Iloilo, Antique. Manananggal tidak menyukai garam dan bawang putih. Manananggal juga menghindari belati, cuka, cahaya, rempah-rempah, dan ekor ikan pari (yang kadang-kadang dibuat menjadi cambuk). Manananggal digambarkan sebagai wanita tua yang cantik, dan bisa memisahkan tubuh bagian atasnya.

Baca juga: 10 Kecelakaan Mengerikan di Taman Bermain dari Seluruh Dunia

8. ManananggalTubuh itu kemudian terbang pada malam hari dengan sayap mirip kelelawar untuk berburu perempuan hamil yang sedang berada di rumah. Manananggal menggunakan lidah memanjang untuk mengisap jantung atau janin atau darah dari korban yang sedang tidur. Sementara tubuh bagian bawahnya dibiarkan berdiri dan merupakan titik lemahnya. Bila tubuh bagian bawah itu diberi garam atau bawang putih, maka kedua bagian itu tak akan bisa bergabung lagi, dan akhirnya mati saat fajar. Orang-orang di daerah Visaya biasanya menggantung bawang putih di dekat pintu atau jendela untuk berjaga-jaga dari serangan manananggal.

7. La Llorona

La Llorona adalah sebuah kisah yang menakutkan sekaligus memilukan tentang seorang wanita yang kehilangan anaknya. La Llorona merupakan urban legend yang berasal dari daerah-daerah hispanik, dan biasa juga dikenal dengan nama “Lady in White”. Sedangkan arti kata La Llorona berarti “Wanita yang menangis”. Ini adalah sebuah cerita lama yang biasa diceritakan kepada anak-anak ratusan tahun yang lalu. Sebuah kisah menyedihkan, namun hidup dengan kuat diingatan masyarakat di sana, dan banyak dari mereka bersumpah bahwa kejadian ini benar-benar pernah terjadi.

7. La LloronaKisah Wanita yang Menangis ini diceritakan kepada anak-anak muda sebagai kisah nyata, dan anak-anak diperingatkan untu tidak keluar rumah pada malam hari karena bisa saja La Llorona menangkap dan tidak akan mengembalikan mereka. Namun, banyak juga legenda ini dipakai oleh orang-orangtua untuk mengajarkan anak gadis mereka tentang kehidupan percintaan, memperingati mereka untuk tidak terlena dengan pemuda-pemuda yang berpenampilan bagus dan kaya jauh dari mereka, serta agar berhati-hati dalam memutuskan pernikahan.

6. Wendigo

Wendigo adalah makhluk yang muncul dalam mitologi orang Algonquian. Deskripsi dari Wendigo bervariasi di antara budaya, tetapi mereka umumnya digambarkan sebagai anjing binatang besar seperti alien. Mereka adalah makhluk jahat dan makan daging manusia. Wendigos sangat terkait dengan musim dingin, utara, dan dingin. Sahabat anehdidunia.com manusia akan  berubah menjadi Wendigos jika mereka melakukan kanibalisme.

Baca juga: 10 Kota Hantu yang Benar-benar Ada di Dunia

6. WendigoOrang akan menjadi miliki roh setan binatang itu, biasanya dalam mimpi. Setelah berubah, individu akan menjadi terobsesi dengan makan daging manusia. Monster ini adalah pengejawantahan dari kerakusan, keserakahan, dan kelebihan. Mereka tidak pernah puas dengan membunuh dan memakan satu orang. Wendigos terus-menerus mencari korban baru. Mereka telah diklasifikasikan sebagai raksasa dan pada transformasi manusia akan tumbuh besar dalam ukuran. Mereka mengisi pedesaan dan sangat hutan, daerah pegunungan. Baru-baru ini Wendigo telah menjadi entitas horor, seperti vampir, werewolf, atau zombie.

5. Rokurokubi

Rokurokubi adalah yōkai dalam cerita rakyat Jepang. Pada siang hari mereka tampak seperti manusia biasa, namun di malam hari mereka memperoleh kekuatan untuk memanjangkan leher mereka. Mereka juga mampu mengubah wajahnya menyerupai oni supaya lebih menakutkan.

5. RokurokubiMenurut cerita rakyat, pada mulanya rokurokubi adalah manusia biasa yang kemudian menanggung hasil karma karena melanggar berbagai ajaran agama Buddha. Biasanya, sifat rokurokubi tersebut menyeramkan, memakan manusia atau meminum darah daripada hanya sekadar menakut-nakuti mereka. Rokurokubi seperti itu biasanya memiliki makanan kegemaran, misalnya manusia pria dewasa atau orang yang melanggar ajaran agama Buddha.

4. La Gegua

Makhluk dari legenda Nicaragua ini sejenis siluman. Biasanya dia berwujud wanita cantik berambut panjang yang suka merayu lelaki pemabuk dan pria hidung belang.

Baca juga: 10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah

4. La GeguaMereka bakal tergoda oleh La Gegua sebelum akhirnya siluman tersebut menampakkan wajah aslinya; kepala dengan tengkorak kuda. Kata-kata yang La Gegua ucapkan kepada para korbannya begitu mengerikan hingga bisa membuat mereka gila.

3. La Mano Peluda

Menurut legenda Meksiko, “La Mano Peluda” atau “Tangan Berbulu” adalah milik seorang pria yang terbunuh pada saat inkuisisi di Meksiko.

3. La Mano PeludaTubuh pria tersebut dipotong-potong dan dikubur di pemakaman tua suku Indian. Hanya tangannya yang hidup kembali, dan bersembunyi dalam kegelapan di bawah ranjang anak-anak yang bertingkah nakal. Korbannya akan di tarik ke kolong ranjang kemudian menghilang begitu saja.

Baca juga: 10 Makhluk Mitologi yang Diduga Ada di Dunia Nyata

2. Bubak

2. BubakBubak berasal dari cerita rakyat Ceko. Biasanya digambarkan sebagai monster berwujud orang-orangan sawah yang bisa menangis seperti bayi. Tangisan tersebut tidak lain hanyalah umpan untuk membawa korbannya menuju kematian mereka.

1. Bake-kujira

Bake-kujira adalah hantu paus yang memiliki penampilan menyerupai kerangka dan merupakan hantu laut yang ditakuti di Jepang, karena hantu ini sering menggunakan kutukannya untuk menyerang penduduk sekitar. Kutukan tersebut seperti kelaparan, wabah penyakit, dan bencana. Para nelayan Jepang mengklaim bahwa Bake-kujira adalah jiwa-jiwa dari ikan paus yang hidup di masa lalu, yang dibunuh karena keserakahan manusia, dan para paus tersebut datang kembali dalam wujud hantu untuk membalas dendam.

1. Bake-kujiraCiri-ciri kedatangan dari hantu ini adalah selalu ada kawanan burung yang berputar-purat di sekitar permukaan laut. Para nelayan mengklaim bahwa setelah melihat penampakan hantu ini, mereka mencoba melemparkan tombak untuk membunuhnya tapi hasil yang didapat adalah nihil karena yang didapat para nelayan adalah kutukan dari hantu paus tersebut. Jika kalian memang mempunyai nyali untuk berburu hantu ini, kalian dapat menemukannya di prefektur Shimane. Dan tentu saja jangan sekali-kali membawa tombak untuk memburunya karena alih-alih membawa bangkai paus, yang akan kalian dapatkan akan sama dengan nasib para nelayan yang telah mencoba memburu hantu ini sebelumnya.

Demikian 10 Makhluk Mitologi yang Kurang Terkenal Tapi Bikin Merinding, semoga bermanfaat. Jangan lupa share 10pedia.net kepada semua temanmu, karena berbagi itu indah. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
0
Keren
Kaget Kaget
2
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah