10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah


1
7 shares, 1 point
10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah

Kisah mitologi selalu berkaitan dengan asal muasal suatu bangsa pada masyarakat kuno sebagai dongeng suci, legenda cerita rakyat tentang penguasa ghaib, kerajaan makhluk halus dan dipercaya kebenarannya. Mitos Makhluk-makhluk Mitologi pun tidak hanya tumbuh di Yunani dan Romawi saja.

Pada Masa Pra Islam, masa-masa ketidaktahuan petunjuk Ilahi (mengenal Tuhan) sebelum datangnya Agama Islam. Kebudayaan Bangsa Arab Kuno sangat meyakini akan keberadaan 10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah yang sangat menakutkan ini jauh sebelum percaya ajaran paganisme yang menyembah patung berhala sesembahan Hubal, Latta, Uzza dan Manat.

Dikutip 10Pedia.net dari KejadianAneh dan beberapa sumber lain, berikut ini 10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah:

10. Karkadann

Binatang Ghoib Karkadann memiliki tubuh sebesar kuda, bahkan lebih. Tubuhnya berwarna putih, kepalanya merah gelap dan matanya berwarna biru. Mereka punya tanduk sepanjang 1 setengah kaki di kepalanya. Debu yang berasal dari tanduknya bisa menyembuhkan segala jenis racun.

10.-KarkadannDasar dari tanduknya berwarna putih bagian atasnya tajam dan berwarna keunguan sedangkan ditengahnya berwarna hitam. Konon katanya barangsiapa meminum air atau anggur dari tanduknya akan sembuh dari segala penyakit dan akan kebal dari segala jenis racun. Makhluk mitologi ini sangat kuat, tidak ada seekor hewan pun yang bisa menandingi kehebatannya.

9. Ifrit

Ifrit adalah nama jin yang dikenal sebagai salah satu pimpinan dari para jin. Seperti layaknya dalam sosial manusia, jin juga mempunyai kehidupan sosial. Oleh sebab itu dalam dunia jin juga mempunyai sistem sosial seperti halnya pada manusia. Sedangkan Ifrit tersebutlah pemimpin dari bangsa Jin tersebut. Istilah Ifrit juga dijelaskan dalam Al Qur’an yaitu pada kisah Nabi Sulaiman akan memindahkan istana Ratu Bulqis. Maka Jin Ifrit inilah yang menyatakan kesanggupannya untuk memindahkannya.

9.-IfritNamun kesanggupan Jin tersebut masih dikalahkan dari kesanggupan ulama manusia yang sanggup memindahkan istana dalam hitungan detik. Ada juga yang berpendapat bahwa Ifrit adalah suatu klan/ras dari bangsa Jin, seperti halnya suku atau klan pada bangsa manusia. Mereka kesemuanya menjadi pemimpin dari suku atau klan yang lainnya. Dan ada juga yang mengatakan bahwa Ifrit itu adalah sebutan untuk jin yang menjabat sebagai raja dalam komunitas jin. Menurut beberapa sumber, Ciri-cirinya adalah bertubuh besar dan tinggi dengan mengenakan pakaian kebesaran seperti seorang raja.

8. Marid

Marid adalah suatu jin berkaitan dengan perairan terbuka laut dan lautan di mana ia mendapat sanctuary. Marid disebut dalam mitologi jahiliah Arab dan di sepanjang Asia dan juga dalam al-Quran, dalam Surah As-Saaffat: Marid dijelaskan sebagai jenis terkuat jin, dengan mempunyai kuasa hebat.  Mereka adalah yang tersombong dan terangkuh juga.

Baca juga: 10 Kota Hantu yang Benar-benar Ada di Dunia

8. MaridSeperti hal nya jin lain, marid mempunyai kehendak bebas dan dapat dipaksa untuk melakukan kerja dari perintah manusia. Menurut legenda cerita rakyat, marid juga mempunyai kemampuan untuk memberikan keinginan kepada manusia, tetapi itu biasanya memerlukan pertarungan dan ritual pemujaan pemanggilan dirinya.

7. Falak

Falak mempunyai fisik seperti ular, namun ukurannya sangat besar. Makhluk ini dikabarkan tengah mendiami dunia bawah dan akan keluar nanti saat dunia ini akan berakhir. Falak sendiri diceritakan mempunyai nafsu makan yang besar. Ia bisa memakan hampir apa pun. Bahkan satu desa sekalipun.

7. FalakFalak juga sering diceritakan sebagai makhluk neraka yang tugasnya adalah menyiksa manusia. Ular satu ini juga sering disamakan dengan Suja’ul Aqra. Dalam riwayat ular ini diceritakan punya ukuran tubuh yang tak terbayangkan besarnya, serta ditugasi untuk menghukum manusia yang selama di dunia lalai dalam berbuat kebaikan.

6. Dandan

Namanya memang lucu, namun makhluk mitologi satu ini digambarkan sangat menyeramkan. Dandan, menurut cerita Arab kuno adalah sebuah ikan yang ukurannya sangat besar. Bahkan mungkin lebih besar dari paus zaman dinosaurus sekalipun. Konon ia bisa menghisap perahu seperti kita meneguk segelas minuman.

Baca juga: 10 Orang yang Lakukan Operasi pada Diri Sendiri

6. DandanDandan pertama kali diketahui muncul dalam cerita Seribu Satu Malam. Di buku tersebut diceritakan tentang Abdullah si nelayan yang diperingatkan oleh seorang ikan duyung akan bahaya Dandan. Dikatakan pula jika ikan ini merupakan musuh seluruh ikan di lautan.

5. Nasnas 

Makhluk satu ini digambarkan punya fisik yang luar biasa besar. Bentuknya sendiri adalah seperti manusia namun hanya mempunyai setengah anggota tubuh. Gambaran kasarnya, ia adalah manusia yang terbelah dua secara vertikal.

5. Nasnas Meskipun hanya setengah badan, Nasnas punya kecepatan yang luar biasa. Satu kali melompat dengan satu kakinya, ia bisa merengkuh jarak yang amat jauh. Nasnas sendiri adalah keturunan bangsa jin yang disebut Shikk.

4. Sandwalker 

Sandwalker umumnya dikenal sebagai makhluk yang sangat besar, paruh tajam dan ekor seperti kalajengking. Ia memiliki cakar besar seperti kepiting, yang digunakan untuk membawa pergi korbannya.

Baca juga: 10 Makhluk Mitologi Berparas Cantik tapi Sadis dan Mematikan

4. Sandwalker Ia mengubur diri dalam pasir pada siang hari untuk menghindari deteksi, dan keluar pada malam hari untuk makan. Jarang memangsa manusia, biasanya berburu unta atau kuda.

3. Werehyena

Pasti sudah sering mendengar kisah tentang Werewolf. Nah, di Arab juga ada makhluk serupa namun beda versi, namanya adalah Werehyena. Sama seperti Warewolf yang merupakan makhluk serigala jadi-jadian, Werehyena adalah manusia yang berubah menjadi hyena.

3. WerehyenaMeskipun begitu, bentuk Werehyena tidak sama seperti hyena biasa. Si makhluk mitologi tersebut sosoknya lebih besar serta bisa berdiri dengan dua kakinya. Werehyena juga dikenal sangat brutal dan tidak kenal ampun terhadap siapa pun. Tidak diketahui bagaimana proses berubahnya seorang manusia menjadi Werehyena. Namun di banyak buku diceritakan jika si makhluk jadi-jadian ini bisa berubah sesuka hatinya. Tidak menunggu bulan purnama seperti Werewolf.

2. Ghoul

Ghoul merupakan salah satu monster yang berasal dari Arab kuno, pada awal mulanya Ghoul dianggap sebagai bangsa Jinn. Ghoul adalah makhluk yang hidup di padang pasir dan sering berkelana Ghoul Juga Sering membongkar lalu menghancurkan makam lalu kemudian memakan mayat yang ada didalamnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Ghoul lebih dikenal orang sebagai sejenis zombie atau vampir .

Baca juga: 10 Ritual Mengerikan yang Pernah Ada di Indonesia

2. GhoulMenurut sebagian cerita dari bangsa Arab kuno, Ghul tinggal disalah satu tempat kuburan dan tempat-tempat yang kosong dan tak berpenghuni. Ghul adalah salah satu jenis setan dari golongan jin yang diyakini juga menjadi bapak oleh para Iblis. Ghoul merupakan iblis secara yang kadang kala dapat menyamar sebagai hewan. Ghoul juga kerap memikat perhatian mangsanya terhadap orang yang tidak waspada bila berpergian ke gurun pasir atau pada tempat yang sudah lama ditinggalkan, lalu mereka datang untuk membunuh dan memakan mereka. Selain memangsa mayat dan orang dewasa Ghoul juga sering memangsa anak-anak, serta meminum darah mereka, mencuri koin dan memakan orang yang sudah mati, dan kemudian mengambil wujud dari salah satu orang dari mereka yang makan sebelumnya.

1. Bahamut (Behemoth)

Nama Bahamut sendiri tidak terlalu asing di telinga. Makhluk satu ini umum digambarkan sebagai sosok naga yang menguasai para naga, alias yang terkuat. Bahamut juga dikenal baik dan suka melindungi. Namun Bahamut versi Arab ini sangat berbeda dari yang umum diketahui banyak orang.

1. Bahamut (Behemoth)Dalam mitologi Arab, Bahamut diwujudkan sebagai sosok ikan aneh dengan ukuran yang sangat besar. Kepalanya adalah kombinasi antara gajah dan badak, lengkap dengan taringnya yang mencuat tajam. Meskipun bentuknya beda, Bahamut versi Arab ini konon juga makhluk mitologi yang baik. Ia bertugas untuk melindungi dunia ini dari segala hal yang buruk serta bencana-bencana yang terjadi.

Demikian 10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah, semoga bermanfaat. Jangan lupa share 10pedia.net ke semua temanmu, karena berbagi itu indah. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
0
Keren
Kaget Kaget
2
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah