10 Kota Hilang yang Sampai Saat ini Masih Jadi Perbincangan


1
14 shares, 1 point
10 Kota Hilang yang Sampai Saat ini Masih Jadi Perbincangan

Sebuah kota akan menjadi kota hilang jika sudah ditinggalkan penduduknya dan dibiarkan begitu saja hingga meninggalkan banyak peradaban yang kemudian hilang. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti perang, bencana alam, dan sebab lainnya.

Meski begitu ada ada beberapa kota hilang yang tetap hangat dibicarakan di dunia. Kota apa saja yang menjadi kota hilang tersebut? Dikutip dari Brilio, berikut 10 Kota Hilang yang Sampai Saat ini Masih Jadi Perbincangan:

1. Kota Atlantis

Atlantis digambarkan oleh Platos sebagai sebuah peradaban yang maju dan kekuatan laut yang tangguh. Atlantis bahkan dikabarkan sudah menaklukkan sebagian besar wilayah Eropa sebelum tenggelam ke laut.

 AtlantisMenurut mitos tradisional, kota ini tenggelam karena para dewa kesal terhadap kelakuan dari para penduduk kota ini. Tapi menurut penelitian ilmiah, kota ini tenggelam murni karena gejala geologis.

2. Kota Lemuria

Lemuria adalah sebuah daratan yang hilang dari muka dunia. Lemuria adalah sebuah pulau dengan nuansa taman Eden dan merupakan surga tropis yang terletak di Pasifik hingga akhirnya tenggelam dan lenyap dari peradaban manusia. Awal mula keberadaan Lemuria ini dapat ditelusuri hingga ke arkeologis, Augustus Le Plogeon.

LemuriaIa mengatakan bahwa orang-orang Lemur lah yang sebenarnya menciptakan peradaban dan kota besar seperti Mesir ataupun Meso-America. Tentunya hingga sekarang keberadaan Lemuria masih diperdebatkan. Kalaupun ada, pertanyaanya adalah di mana? Saat ini Lemuria dipertimbangkan sebagai fiksi belaka karena tidaklah memungkinkan sebuah daratan yang terdapat di benua dapat tenggelam begitu saja dalam interval waktu yang relatif singkat.

3. Kota Troy

Troy merupakan kota legenda yang menjadi pusat dari berbagai sejarah modern seperti halnya rumah bagi pahlawan Yunani modern, Achilles, dan kota tempat terjadinya perang kuda Trojan. Sejak lama, keberadaan Troy sebagai kota atau peradaban yang hilang sering dikaitkan serupa dengan Atlantis. Hingga pada tahun 1871, tembok Troy ditemukam secara tidak sengaja.

TroyAda alasan mengapa Troy dikenal sebagai kota yang temboknya tidak bisa dikalahkan, yaitu karena Troy sendiri dibangun di atas reruntuhan kota lainnya yang telah dihancurkan berkali-kali dan membuat tembok tersebut menjadi sangat kuat. Sekarang hanya reruntuhanlah yang tersisa dari kota legendaris ini. Namun nama Achilles dan kuda Trojan tetap menjadi bagian dari kota hilang tersebut.

4. Kota Sodom dan Gomora

Kisah Sodom dan Gomora adalah salah satu kisah yang paling dikenal di dunia gama. Dikisahkan Sodom dan Gomora adalah sebuah kota yang penuh akan orang-orang berdosa.

Sodom dan GomoraOleh karena itu, Tuhan kemudian menghukum mereka dengan memunculkan hujan api yang kemudian menghilangkan kota ini dari peradaban manusia, walaupun sampai sekarag belum ada bukti nyata dari keberadaan kota hilang ini. Sebuah teori mengatakan, nyatanya Kota Sodom dan Gomora adalah kota kuno Kana’an yang mengalami bencana meteor pada tahun 3123 SM.

5. Kota Petra

Inilah salah satu dari sepuluh tempat di dunia yang wajib dilihat dan bisa dibilang salah satu kota paling menakjubkan yang pernah ada di dunia. Petra berada di sebelah selatan Yordan dekat Laut Mati dan merupakan kota yang ditinggalkan akibat dari gempa bumi.

PetraNama Petra sendiri adalah nama dari kota hilang hingga akhirnya dibesarkan kembali oleh seorang penjelajah bernama Ludwig Burckhardt di abad ke-18. Sejak saat itu pula kota yang berada di tengah-tengah gurun pasir ini menarik ribuan turis dari berbagai belahan dunia. Walaupun sekarang ini tidak menjadi 100% kota hilang, Petra tetap layak masuk dalam daftar kota hilang paling ternama di dunia.

6. Kota El Dorado

El Dorado adalah adalah nama dari kepala suku Muisca – suku yang berbahasa Chibcha yang menyelimuti badannya dengan debu emas (mas urai) dan, memiliki ritual terjun ke Danau Guatavitas. Nama El Dorado kemudian dikenal menjadi nama dari “Kota Emas yang Hilang”, memukau para penjelajah sampai saat ini. Tidak ada bukti nyata dari keberadaan hal ini. Dalam ilustrasinya sebagai sebuah tempat, El Dorado adalah sebuah kerajaan dan sebuah kota dari Raja Emas yang melegenda.

 El DoradoUntuk mencari tahu hal ini, Francisco Orellana dan Gonzalo Pizarro berangkat dari Quito pada tahun 1541 ke Cekungan Amazon, yang menyebabkan Orellana menjadi orang pertama yang pernah ke Sungai Amazon untuk seluruh panjang sungai tersebut. Melalui cerita ini, Dreamworks pernah membuat film animasi mengenai Kota Emas yang Hilang ini. Film animasi tersebut menceritakan dua orang yang menemukan keberadaan El Dorado, dimana akhirnya El Dorado tersembunyi dari dunia untuk selamanya.

7. Kota Memphis (Mesir Kuno)

MemphisDidirikan pada tahun 3100 SM, Memphis adalah ibu kota Mesir Kuno dan menjadi pusat administrasi dari peradaban tersebut selama bertahun-tahun sebelum akhirnya ditinggalkan oleh penduduknya seiring dengan kemunculan Kota Thebes dan Alexandria. Di bekas kota ini banyak ditemukan reruntuhan-reruntuhan bangunan Mesir Kuno.

8. Kota Angkor

Daerah Angkor di Kamboja dan sekitarnya dikenal sebagai salah satu pusat industry di Asia bahkan di dunia dan salah satu peninggalan paling terkenalnya adalah kuil Angkor Wat yang umumnya dianggap sebagai monumen keagamaan sekaligus landmark negara tersebut.

AngkorMisteriusnya, kota ini menjadi kota hilang bukan karena bencana ataupun penjajahan, melainkan ditinggalkan begitu saja oleh penduduknya yang membuat kota dan ribuan kuilnya mati di kedalaman hutan. Selama sekitar 300 tahun kota ini menjadi kota hilang sebelum akhirnya ditemukan pada abad ke-18. Rumor mengatakan bahwa kota ini ditinggalkan karena ledakan populasi dan kurangnya dukungan infrastruktur.

9. Kota Pompeii

PompeiiKota Romawi Pompeii hancur di tahun 79 Masehi setelah Gunung Vesuvius di dekatnya meletus sehingga mengubur seluruh komunitas di dalam abu dan batu sedalam 60 kaki. Kota ini diperkirakan memiliki sekitar 20.000 penduduk saat itu dan dianggap sebagai salah satu tempat hiburan utama bagi masyarakat kelas atas Romawi.

10. Kota Machu Picchu

Pada awalnya, Kota Machu Picchu adalah peradaban hilang dunia paling misterius. Diperkirakan telah ada sejak abad ke-14 dan keberadaan mereka terletak di lembah Urubamba di Peru. Namun, tidak ada yang tahu pasti mengapa Suku Inca memilih lokasi aneh tersebut dan digunakan untuk apa. Hingga akhirnya berabad-abad kemudian dilakukan ekspedisi terhadap peradaban yang terlupakan ini.

Machu PicchuWalaupun dibangun di abad ke-14, tapi 100 tahun setelah itu dikatakan bahwa peradaban di kota ini lenyap akibat dari wabah penyakit cacar. Tidak ada yang tahu tujuan pasti akan keberadaan dari Machu Picchu. Beberapa mengatakan kota ini digunakan sebagai kuil suci, penjara, hingga tempat tinggal kaisar bernama Pachacuti. Apapun itu, keberadaan kota ini masih menjadi perdebatan hingga sekarang.

Demikian 10 Kota Hilang yang Sampai Saat ini Masih Jadi Perbincangan, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
1
Keren
Kaget Kaget
1
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
1
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah