10 Kapal Perang Terbesar di Dunia


1
7 shares, 1 point
kapal perang terbesar di dunia

Sejak zaman kuno, memiliki angkatan laut yang kuat dan terorganisir dengan baik sangat penting bagi setiap kekuatan dunia untuk mempertahankan posisinya. Kuat atau tidaknya angkatan laut suatu negara bisa dilihat dari berapa banyak dan besarnya kapal perang yang dimiliki. Semakin besar kapal perang suatu negara, biasanya negara lawan akan berpikir ulang untuk menantang negara yang bersangkutan.

Akibatnya, ribuan kapal perang yang kuat telah dibangun oleh berbagai negara selama berabad-abad. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mana kapal perang terbesar di dunia? Berikut 10 Kapal Perang Terbesar di Dunia:

10. Modified-Clemenceau Class, Brazil – 264 Meter

Pada tahun 1961 sampai tahun 2000, angkatan laut Perancis memiliki 2 buah kapal perang yang dinamakan Clemenceau Class. Ketika Perancis mulai melakukan pembahuruan, 1 kapal Clemenceau Class dikesampingkan dan yang satunya dijual ke negara Brazil. Brazil membeli 1 kapal perang Clemenceau Class pada tahun 2000 seharga 12 juta USD.

Modified-Clemenceau ClassKapal perang yang tadinya benama Foch tersebut, oleh pemerintah Brazil diganti menjadi Sao Paulo. Setelah dibeli oleh pemerintah Brazil, kapal perang Sao Paulo telah mengalami banyak sekali perubahan, baik itu di sisi dek penerbangan, mesin, sensor, dan senjata pertahanan. Meski sudah menjadi milik negara Brazil, Perancis masih menyediakan sejumlah perangkat tambahan untuk menyelesaikan perubahan Sao Paulo.

9. Modified-Kiev Class, India – 283 Meter

INS Vikramaditya adalah kapal perang milik India. Sebelum diberi nama tersebut, INS Vikramaditya dahulunya bernama Baku. Baku adalah kapal perang milik angkatan laut Uni Soviet pada tahun 1987. Karena dana yang dimiliki oleh pemerintah Rusia tidak mencukupi untuk mendanai angkatan laut pada masa itu, akhirnya Baku mulai dikesampingkan dan dijual.

Modified-Kiev ClassPada tahun 2004, pemerintah India memutuskan untuk membeli Baku. India mengeluarkan dana sebanyak 2,35 miliar USD dengan catatan, Rusia harus membantu India untuk memodifikasi kapal perang tersebut. Tahun 2013, kapal perang tersebut akhirnya selesai dimodifikasi dan resmi menjadi milik angkatan laut India dan namanya diganti menjadi INS Vikramaditya.

8. Modified-Admiral Kuznetsov Class, Cina – 304 Meter

Sebelum menjadi milik Cina, dahulunya kapal perang ini merupakan kapal perang milik Rusia bernama Riga. Pada tahun 1990, Riga berganti nama menjadi Varyag. Karena budget untuk Varyag dianggap surplus, maka Rusia memutuskan untuk tidak menggunakan Varyag sebagai kapal perangnya.

Modified-Admiral Kuznetsov ClassKapal perang buangan Rusia tersebut akhirnya dibeli oleh Cina pada tahun 1998 dengan harga 25 juta USD. Di tahun 2012, nama Varyag kembali diubah menjadi Liaoning. Liaoning inilah yang kemudian menjadi kapal perang pertama milik Cina. Liaoning dipersiapkan untuk melawan senjata misil, pesawat tempur, dan kapal selam milik lawan.

7. Admiral Kuznetsov Class, Rusia – 305 Meter

Dengan panjang mencapai 305 meter, inilah kapal perang milik Rusia yang masih dipakai hingga sekarang. Kapal perang yang diberi nama Admiral Kuznetsov Class ini merupakan kapal perang dengan persenjataan super lengkap, baik itu untuk menyerang ataupun bertahan. Termasuk di dalamnya ada belasan misil jarak jauh dan senjata anti kapal selam.

Admiral Kuznetsov ClassKarena memiliki persenjataan untuk bertahan dan menyerang yang lengkap, Admiral Kuznetsov menjadi kapal perang terberat di dunia. Admiral Kuznetsov telah menjadi kapal perang andalan rusia sejak tahun 1990, yang versi sebelumnya telah dijual ke Cina. Admiral Kuznetsov mampu berlayar sambil membawa 39 pesawat tempur dan lusinan helikopter.

6. USS John F. Kennedy – 320 Meter

Dijuluki Giant John, USS John F. Kennedy adalah satu-satunya kapal kelasnya dan kapal induk bertenaga konvensional terakhir yang dibangun untuk Angkatan Laut AS.

USS John F. KennedySebuah kapal serbaguna dengan panjang total 320 meter, kapal itu bahkan mampu melakukan peperangan anti kapal selam.

5. Forrestal Class – 325 Meter

Kapal induk Forrestal Class adalah 4 kapal induk (Forrestal, Saratoga, Ranger, dan Independence) yang dirancang dan dibangun untuk Angkatan Laut AS pada tahun 1950-an.

Forrestal ClassItu adalah kelas pertama pembawa super, menggabungkan tonase tinggi, lift, dan dek miring. Kapal-kapal itu sepanjang 325 meter dan memiliki perpindahan sebesar 60.000 ton.

4. Kitty Hawk Class – 327 Meter

Supercarriers Kitty Hawk Class Angkatan Laut AS merupakan perbaikan pada kapal Forrestal Class (lihat No. 5).

Kitty Hawk ClassKitty Hawk Class mencakup 3 kapal (Kitty Hawk, Constellation, dan Amerika) yang semuanya dibangun pada tahun 1960-an. Berukuran 327 meter, namun 3 kapal perang ini sudah berhenti beroperasi.

3. Nimitz Class – 333 Meter

Kapal supercarers Kelas Nimitz adalah satu dari 10 kapal induk bertenaga nuklir dari Angkatan Laut AS. Dengan panjang keseluruhan 333 meter dan beban penuh berat lebih dari 100.000 ton panjang, mereka telah menjadi kapal perang terbesar yang dibangun dalam dunia pelayaran.

Nimitz ClassKapal-kapal ini telah berpartisipasi dalam banyak pertempuran dan operasi di seluruh dunia, termasuk Operasi Eagle Claw di Iran, Perang Teluk, dan yang lebih baru di Irak dan Afghanistan.

2. Gerald R. Ford Class – 337 Meter

Gerald R. Ford Class adalah kapal kelas supercarrier yang dibangun untuk menggantikan beberapa operator Nimitz Class.

Gerald R. Ford ClassKapal-kapal ini mirip dengan operator Nimitz, tetapi memiliki teknologi baru seperti Sistem Peluncuran Pesawat Elektromagnetik, serta fitur desain lainnya yang dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasi. Kapal perang Kelas Gerald R. Ford juga lebih besar dari Nimitz. Sebab total panjangnya 337 meter.

1. USS Enterprise – 342 Meter

Inilah kapal perang terbesar dalam sejarah sekaligus kapal induk bertenaga nuklir pertama di dunia. USS Enterprise, yang berukuran 342 meter, adalah kapal angkatan laut terpanjang dan mungkin juga paling terkenal yang pernah dibangun.

USS EnterpriseIa juga merupakan kapal perang AS terlama yang digunakan. Sebab sudah digunakan selama 51 tahun berturut-turut. Kapal ini digunakan dalam berbagai pertempuran dan perang termasuk Krisis Rudal Kuba, Perang Vietnam, dan Perang Korea.

Demikian 10 Kapal Perang Terbesar di Dunia, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
1
Keren
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *