10 Hewan Umur Terpanjang bahkan Abadi


1
10 shares, 1 point
Turritopsis Nutr10-Hewan-dengan-Umur-Terpanjang-bahkan-Abadiicula Jellyfish

Ada banyak penyayang hewan di bumi ini, terutama hewan domestik yang dipelihara di dalam rumah. Yang kita tahu, hewan domestik seperti anjing dan kucing gak memiliki masa hidup yang sama dengan manusia. Usia kita dianggap remaja beda lebih “tua” dibandingkan usia kucing dianggap remaja. Sehingga sudah tentu masa hidup manusia lebih panjang secara rata-rata.

Namun ternyata ada cukup banyak hewan yang masa hidup rata-ratanya lebih lama daripada manusia, berumur sampai ribuan tahun bahkan abadi. Berikut 10 Hewan Umur Terpanjang bahkan Abadi:

10. Geoducks

Geoducks
Geoducks

Yang pertama adalah kerang laut besar dengan umur setidaknya 160 tahun yang dicirikan oleh ‘leher’ atau sifon mereka. Mahluk ini memiliki kegunaan untuk makanan dengan panjangnya yang dapat mencapai lebih dari satu meter.

9. Tuataras

Tuataras
Tuataras

Tuatara ini adalah salah satu hewan yang pernah hidup di masa dinosaurus masih ada. Ia telah hidup dan berkembang sejak 200 juta tahun yang lalu. Tuatara dapat hidup sampai dengan 200 tahun.

8. Red Sea Urchins

Red Sea Urchins
Red Sea Urchins

Franciscanus Strongylocentrotus atau Landak Laut Merah yang hanya dapat ditemukan di Samudra Pasifik. Hidup di perairan dangkal, sampai dengan 90 meter surut, tetapi berada di luar area bergelombang, kadang hidup di daerah berbatu. Hewan merangkak ini dapat hidup lebih dari 200 tahun.

7. Bowhead Whales

Bowhead Whales
Bowhead Whales

Dikenal dengan nama Paus Arktik. Paus Akrtik ini merupakan mamalia yang mengagumkan, karena ia pernah ditemukan dengan ujung tombak gading masih ada di daging mereka, ujung tombak tersebut merupakan usaha penangkapan yang gagal dari 200 tahun yang lalu. Paus Arktik ini juga sejauh ini merupakan mamalia dengan hidup terlama di dunia. Dapat hidup sampai dengan 211 tahun.

6. Ikan Koi

Ikan koi
Ikan koi

Ikan yang lebih dikenal dengan ikan mas atau ikan hias peliharan ini dapat hidup lebih dari 200 tahun. Ikan Koi tertua yang pernah ditemukan adalah ikan koi dari Jepang dengan nama Hanako yang telah mati pada usia 226 tahun.

5. Lamellibrachia Tube Worms

Lamellibrachia Tube Worms
Lamellibrachia Tube Worms

Dikenal juga dengan nama tabung cacing, yang memiliki ciri-ciri warna warni dan tinggal di sepanjang ventilasi hidrokarbon dasar laut. Mereka diketahui hidup sampai dengan 170 tahun, tetapi banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa mereka dapat hidup sampai dengan 250 tahun lamanya.

4. Kura-kura

kura-kura
kura-kura

Hewan yang dikenal dengan umur dan cangkanya yang keras ini memang adalah hewan yang memiliki umur paling panjang di dunia. Salah satunya adalah Kura-kura Galapagos dengan nama Harriet. Harriet mati karena gagal jantung pada usia 175 bulan Juni 2006. Adapun kura-kura raksasa Aldabra yang juga telah mati dengan nama Adwaita pada usia 250 tahun.

3. Ocean Quahog

Ocean Quahog
Ocean Quahog

Hewan dengan nama latin Artical Islandia ini merupakan kerang yang dapat dimanfaatkan secara komersial. Umur dari kerang ini dapat dilihat dari warna gelap pada cangkang. Beberapa spesimen yang dikumpulkan diperkirakan telah hidup lebih dari 400 tahun dan masih hidup.

2. Antarctic Sponge

Antarctic Sponge
Antarctic Sponge

Mahluk dari Samudra Antartika ini memiliki laju pertumbuhan yang sangat lambat dan ia juga tidak bergerak, hal ini mungkin disebabkan oleh suhu yang sangat rendah dari Samudra Antartika itu sendiri. Ada yang memperkirakan bahwa umur tertua yang pernah ditemukan dari hewan ini adalah 1.550 tahun lamanya.

1. Turritopsis Nutricula Jellyfish

Turritopsis Nutricula Jellyfish
Turritopsis Nutricula Jellyfish

Inilah hewan menakjubkan yang disebabkan oleh keabadiannya. Spesies ubur-ubur ini mungkin adalah salah satu hewan di dunia yang benar-benar telah mencapai keabadian. Hal ini disebabkan oleh siklus hidupnya yang dari tahap dewasa ke tahap immature polyp lalu diulang lagi, mungkin tidak ada batas dari jangka kehidupannya. Oleh keabadiannya inilah, individu jenis ubur-ubur ini sangat impulsif. Dr. Maria Miglietta dari Institut Smothsonian Tropical Marine mengatakan “We are looking at a worldwide silent invasion” (Kita melihat invasi diam-diam skala dunia).

Demikian 10 Hewan Umur Terpanjang bahkan Abadi, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
0
Keren
Kaget Kaget
2
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah