10 Hewan Mitologi Hebat yang Justru Dilupakan Banyak Orang


1
32 shares, 1 point
10 Hewan Mitologi yang Mulai Dilupakan Banyak Orang

Mitologi telah menghasilkan banyak sekali makhluk yang memiliki banyak sekali keunikan. Mulai dari monster, hantu, vampir, hingga hewan-hewan yang unik. Sayangnya banyak sekali hewan mitologi yang justru dilupakan. Bahkan suatu saat akan benar-benar musnah dari dunia mitos dunia.

Hewan-hewan ini mungkin bukan Naga atau bahkan Phoenix yang tak pernah bisa mati. Tapi hewan mitologi ini dikenal sangat hebat meski kini telah terlupa. Dikutip 10pedia.net dari Boombastis dan beberapa sumber lain (24/7/2019), berikut ini 10 Hewan Mitologi Hebat yang Justru Dilupakan Banyak Orang:

10. Garuda – Mitologi Hindu

Raja dari seluruh burung yang dengan kecepatan terbangnya ia dapat menertawakan angin dan merupakan tunggangan dari Dewa Wisnu (Dewa Pemelihara di Hindu). Phoenix dikatakan merupakan perwakilan dari Garuda dimana dari bulu Garuda lahir 6 ras burung yang pada akhirnya muncul burung0burung yang kita kenal sekarang ini.

10. Garuda - Mitologi HinduDigambarkan sebagai sebuah mahluk yang memiliki kepala, sayap, cakar dan paruh dari seekor elang namun juga bertubuhkan dan memiliki tangan seperti seorang manusia. Bermuka putih, bersayap merah dan badan emas. Pada saat Garuda lahir ia sangatlah bercahaya sampai ia disalahpersepsikan sebagai Dewa Api. Garuda sendiri lahir dengan rasa benci yang besar akan kejatahan dimana ia akan mengembarai alam semesta untuk menelan kejahatan.

9. Catoblepas – Mitologi Kuno

Sapi mungkin bukanlah mahluk yang berbahaya, dengan daging yang lezat, muka yang tidak menyeramkan maka tidak ada kata “bahaya” keluar dari mahluk ini. Tapi beda halnya jika kita membicarakan Catoblepas. seekor sapi yang merumput di tepi sungai dan memiliki nafas yang menyeramkan.

9. Catoblepas - Mitologi KunoNafasnya saja sangatlah beracun dan tatapannya saja dapat membunuh Anda. Sering digambarkan dalam berbagai wujud dan dikatakan didasarkan dari hewan Wildebeest. Catoblepas sendiri sering muncul dalam berbagai media, seperti Final Fantasy, Castlevania, Megami Tensei, Age of Mythology, Manga Saint Seiya, Manga Hitomi no Catoblepas dan masih banyak lainnya.

8. Huginn and Muninn – Mitologi Norwegia

Ayah para Dewa dari Mitologi, Odin, adalah dewa yang menakjubkan dimana ia mengorbankan matanya untuk mendapatkan pengetahuan suci para dewa, ia memimpin pasukan dewa yang mengagumkan, dan ia memiliki 2 burung peliharaan yang tidak kalah menakjubkannya yaitu Huginn dan Muninn.

Baca juga: 10 Kota Hantu yang Benar-benar Ada di Dunia

8. Huginn and Muninn - Mitologi NorwegiaHuginn dan Muninn ini diceritakan merupakan sumber mahapengetahuan dari dewa Odin dimana Huginn melambangkan kebijakan dan Muninn melambangkan pengetahuan. Kedua burung ini merupakan mahluk paling penting di mitologi Norwegia yang bertindak sebagai tangan dari Odin sendiri. Odin saja sering mengawatirkan akan tiba waktunya dimana kedua burung peliharaannya tidak kembali.

7. Firebird – Mitologi Rusia

Firebird adalah salah satu hewan mitologi yang berasal dari Rusia. Hewan ini mungkin menyerupai Phoenix. Namun tidak akan mati dan dari abunya muncul burung baru. Firebird hidup di hutan-hutan yang gelap dan akan keluar jika ingin berburu mangsa.

7. Firebird – Mitologi RusiaDi masa lalu, banyak sekali kerajaan di Rusia yang terobsesi untuk menangkap Firebird. Tak sedikit mereka melakukan sayembara dengan hadiah yang menggiurkan. Tentu saja tak ada yang bisa menangkap. Alasannya ada dua pertama apakah hewan ini benar nyata dan kedua apakah ada orang yang mampu menangkap raksasa berapi?

6. Roc – Mitologi Persia dan India

Roc adalah sebuah burung raksasa dalam mitologi India yang dahulu kala dipercaya banyak orang. Adalah Sir Richard Gfrancis Burton, seorang penjelajah yang berkata pernah melihat Roc. Richard pernah mengatakan jika Roc adalah seekor karnivora yang mampu memangsa gajah yang besar dalam sekali hap.

Baca juga: 10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah

6. Roc – Mitologi Persia dan IndiaHewan ini biasanya mendiami hutan atau tebing-tebing tinggi di India. Ia hanya akan keluar jika benar-bena lapar dan butuh berburu mangsa yang tentunya harus besar juga. Cerita tentang Roc saat ini mulai punah di India dan Persia.

5. Ao Ao – Mitologi Guarani

Ao Ao adalah makhluk mitologi yang memiliki wujud seperti babi tapi memiliki banyak sekali taring tajam. Hewan ini dikenal sangat buas dan suka memangsa manusia yang ia temui. So, jika ketemu dengan hewan ini lebih baik cepat melarikan diri daripada kena mangsa.

5. Ao Ao – Mitologi GuaraniHewan ini dipercaya masih ada sampai sekarang. Ao Ao mendiami hutan-hutan yang sangat angker di daerah Paraguay. Penduduk setempat bahkan pernah melihat beberapa kali sosok Ao Ao yang sangat mengerikan itu.

4. Crocotta – Mitologi Klasik

Crocotta adalah hewan mitologi yang menyerupai anjing. Namun bentuk rahangnya sedikit menyerupai manusia. Selain itu warnanya sangat hitam dengan kaki menyerupai kaki kuda. Crocotta dikatakan pernah muncul di sekitaran India pada zaman kuno.

Baca juga: 10 Makhluk Mitologi yang Diduga Ada di Dunia Nyata

4. Crocotta – Mitologi KlasikBeberapa ilmuwan di masa lalu bahkan sampai terobsesi untuk mendapatkan hewan ini. Mereka percaya jika Crocotta benar-benar ada dan suka mengganggu manusia. Banyak orang percaya jika memakan mata hewan ini akan membuat orang jadi bisa melihat masa depan.

3. Yale – Mitologi Klasik

Yale adalah seekor hewan yang menyerupai rusa. Warnanya merah agak oranye dengan belang-belang putih di sekujur tubuhnya. Hewan ini dikenal memiliki kekuatan supranatural yang sangat kuat. Kekuatan itu berasal dari tanduk yang ada di kepalanya.

3. Yale - Mitologi KlasikTanduk ini bisa digunakan untuk membunuh manusia dalam sekejap saja. Di masa lalu hewan ini suka berkeliaran di padang rumput untuk melindungi kawanan rusa. Jika ada orang atau hewan genas mendekat ia akan sigap maju sebagai pahlawan.

2. Anubis – Mitologi Mesir

Dewa berkepala Serigala ini bertugaskan untuk mengarahkan roh orang mati ke Duat, istilah alam kematian di Mesir. Di sanalah mereka akan dihakimi atas segala tindakan yang telah dilakukan semasa mereka hidup. Di bawah pengawasan Anubis, jantung mereka akan ditimbang dengan sebuah bulu (feather) yang melambangkan kebenaran atau kejujuran.

Baca juga: 10 Makhluk Mitologi yang Kurang Terkenal Tapi Bikin Merinding

2. Anubis - Mitologi MesirJika jantung mereka lebih ringat dari si bulu tersebut maka mereka boleh lewat, jika tidak maka Anubis akan memberikan roh tersebut ke Ammit, iblis yang dikenal akan memakan roh orang mati. Di mitologi Mesir, jantung dipercaya adalah tempat roh berada.

1. Aspidochelone – Mitologi Yunani

Aspidochelone adalah sebuah kura-kura raksasa yang pada tempurungnya terdapat sebuah pulau. Biasanya hewan ini bergerak dari satu lautan ke lautan lain hingga kerap disebut sebagai pulau bergerak. Keberadaan dari hewan ini bahkan masih dipercaya ada hingga sekarang.

1. Aspidochelone - Mitologi YunaniDalam sebuah cerita, Aspidochelone mampu memberikan sebuah kekuatan pada seseorang. (Coba lihat serial Avatar Aang) Meski demikian, Aspidochelone juga suka membuat orang hilang dan merusak apa saja yang ditemuinya di lautan.

Selanjutnya baca juga: 10 Dewa Mitologi yang Melambangkan Cinta dan Nafsu

Demikian 10 Hewan Mitologi Hebat yang Justru Dilupakan Banyak Orang, semoga bermanfaat. Jangan lupa share 10pedia.net ke semua temanmu, karena berbagi itu indah. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
3
Suka
Keren Keren
5
Keren
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
1
Marah