10 Firaun Wanita Cantik Paling Terkenal dalam Sejarah Mesir Kuno


1
13 shares, 1 point
10 Firaun Wanita Cantik Paling Terkenal dalam Sejarah Mesir Kuno

Mesir, tanah sihir banyak memiliki rahasia kuno yang dihiasi oleh bangunan buatan manusia terbesar dari dunia kuno Piramida Agung Giza, adalah tanah yang banyak menyimpan harta terpendam ummat manusia. Ketika sejarawan dan filsuf Yunani, Herodotus datang ke Mesir, Ia terkejut dan terpana melihat banyaknya keindahan dan kreasi yang luar biasa dari Firaun sepanjang Sungai Nil.  Kita mengenal Piramida Agung Giza yang mereka buat, patung-patung tinggi, kuil besar dan negara yang terlindung dengan kota-kota seni penuh dengan konspirasi.

Mesir adalah tanah dari banyak milik Pharaohs Besar termasuk Raja Tutankhamen dan tanah Dewa Matahari, Ra.  Mesir juga banyak diperintah oleh Firaun Wanita dan diantara mereka banyak yang populer karena peran mereka yang banyak tertera dalam dunia kesusastraan yang ditulis oleh novelis dan penyair terkenal seperti Cleopatra, Nefertiti atau Sobekneferu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 10 Firaun Wanita Cantik Paling Terkenal dalam Sejarah Mesir Kuno:

10. Nitokris

Nitokris telah dikatakan sebagai Firaun Wanita Mesir Kuno terakhir dari Dinasti ke-6. Namanya ditemukan dalam Sejarah Herodotus dan juga dalam tulisan-tulisan Manetho walaupun riwayatnya masih dipertanyakan.

Nitocris Dia mungkin sebagai Ratu peralihan. Namun jika dalam sejarahnya dia adalah adik dari Merenre Nemtyemsaf II dan Putri Pepi II dan Ratu Neith.

9. Twosret

Twosret adalah penguasa terakhir yang diketahui dari Firaun dari Dinasti ke-17 Mesir. Dia tercatat di Manetho Epitome sebagai Thuoris tertentu yang di Homer disebut Polybus, suami dari Alcandara. dan dalam waktu Troy diambil. Dia telah memerintah Mesir selama tujuh tahun tetapi angka ini termasuk pemerintahan selama enam tahun Siptah pendahulunya.

TwosretTwosret diasumsikan hanya setahun memerintah selama tahun 1191-1189 SM. Penggalain yang dilakukan oleh University of Arizona dalam ekspedisi Mesir, di kuil memorialnya di Gournah memiliki dugaan kuat bahwa pemerintahannya berjalan selama 9 tahun yang berarti kemungkinannya di memerintah selama 2 atau 3 tahun sebagai Firaun Wanita Mesir Kuno yang nama kerajaannya adalah Sitre Meryamun yang berarti “Putri Re Tercinta Amun”.

8. Merneith

Merneith atau Meritneith atau Meryt-Neith adalah Firaun Wanita Mesir Kuno dari Dinasti Pertama. Dia telah menjadi penguasa Mesir dalam beberapa catatan sejarah. Dia adalah Wanita yang di nobatkan sebagai Ratu Pertama Di Dunia yang masa pemerintahannya berlaku pada abad ke-30 SM dengan jangka waktu yang belum diketahui.

Merneith
Merneith

Nama Merneith berarti “Neith yang Tercinta” dan stela_nya berisi simbol dari Dewa. Dia mungkin putri dari Djer atau mungkin istri dari Kerajaan Djet ini. Dia juga merupakan cucu dari Firaun Pertama Mesir Kuno, Narmer dan ibu dari Den.

7. Ahhotep I

Ahhptep I adalah Firaun wanita yang memerintah di akhir dinasti ketujuh Mesir kuno. Ia adalah istri sekaligus saudara perempuan dari Firaun bernama Seqenere Tao. Ahhptep I naik tahta setelah suaminya meninggal dan meninggal banyak sekali anak yang belum siap mewarisi tahta menjadi Firaun.

Ahhotep IDalam pemerintahannya, Ahhptep I dikenal sangat hebat dan memiliki strategi yang unik dalam perang. Sayangnya hal itu tak diwarisi oleh anak-anaknya. Mereka justru membuat mesir kehilangan banyak sekali daerah kekuasaan. Peti mati dari Ahhptep I sampai saat ini belum ditemukan, namun arkeolog meyakini jika peti itu dikubur di area TT320 Deir el Bahari.

6. Neferneferuaten

Ankhkheperure – mery-Neferkheperure atau Neferneferuaten adalah nama yang digunakan untuk merujuk untuk Ratu Meritaten atau mungkin Ratu Nefertiti. Bukti arkeologi yang berhubungan dengan seorang wanita yang memerintah sebagai Firaun Wanita menjelang akhir Periode Amarna selama Dinasti ke-17.

NeferneferuatenJenis kelaminnya digambarkan dengan bentuk yang feminim yang kadang-kadang ditemukan dalam nama atau julukan akhet -en-hyes dan dimasukkan dalam satu versi Cartouche II. Dia harus dibedakan dari raja yang menggunakan nama Ankhkheperure Smenkhkare-Djeser Kheperu.

5. Khentkaus I

Kentkaus I adalah salah satu Firaun yang memberikan sumbangsih besar bagi perkembangan peradaban Mesir kuno. Ia memerintah di dinasti ke-4 sebagai istri dari Shepsekaf. Kentkaus I mewarisi darah biru dari ayahnya merupakan Firaun dengan nama Menkaure. Setelah Menkaure tiada Kentkaus I memerintah Mesir ditemani suami dan juga beberapa anaknya.

Khentkaus IKentkaus I memiliki julukan sebagai “Mother of Dual Kings”. Dan memang benar, dua anaknya menjadi Firauan yang meneruskan tahta yang ditinggalkan kakek mereka. Sisa-sisa Kentkaus I ditemukan di Primada Giza. Kuburannya dikenal oleh arkeolog dengan kode LG 100 dan juga G 8400.

4. Sobekneferu

Subekneferu adalah Firaun Wanita Mesir Kuno dari dari Dinasti ke -12. Ia memerintah Mesir Kuno selama 4 tahun menurut kronologi tradisional dari tahun 1806 – 1802 SM. Ia adalah putri dari Firaun Amenemhat III. Manetho menyatakan bahwa ia juga saudara perempuan Amenemhat IV tetapi tidak ada bukti.Sobekneferu mempunyai kakak yang lebih tua bernama Nefruptah yang bukan ahli waris. Nama Neferuptah dimasukan kedalam suatu cartouche dan ia mempunyai Piramid tersendiri di Hawara.

SobekneferuSobekneferu adalah penguasa wanita pertama yang diketahui di Mesir, Meskipun Nitocris memerintah pada Dinasti ke-6 Mesir. Amenemhat IV diduga meninggal atau menghilangtanpa ahli waris laki-laki. Sehingga Putri Amenemhart III, Sobekneferu di nobatkan menjadi Firaun. Menurut Daftar Raja Turinm Ia memerintah selama 3 tahun, 10 bulan dan 24 hari.diperkirakan diakhir abad ke-19 SM. Ia mati tanpa ahli waris dan pada akhir pemerintahannya berakhir pulahlah Dinasti ke-12 Mesir yang gemilang serta Zaman Keemasan dari Kerajaan Pertengahan karena Dinasti ke-13 dan seterusnya jauh lebih lemah.

3. Hatshepsut

Hatshepsut adalah Firaun kelima yang memimpin di dinasti ke-8 dari Mesir kuno. Hatshepsut adalah anak dari Thutmose I dan Ahmes. Hatshepsut menikah dengan saudara laki-lakinya sendiri bernama Thutmose II dan memerintah bersama Mesir dengan sangat hebat. bahkan namanya disejajarkan dengan Raja Tut dan Nefertiti.

HatshepsutHatshepsut memerintah Mesir kuno selama 22 tahun dengan hebat. Ia memerintah Mesir dengan berpakaian seperti pria. Menggunakan baju pria hingga memakai jenggot dan kumis palsu. Hatshepsut adalah orang yang membangun kuil Karnak yang sangat terkenal hingga sekarang.

2. Nefertiti

Nafertiti awalnya adalah seorang istri dari Firaun bernama Akhenaten. Namun setelah suaminya meninggal dunia, Nefertiti memegang kekuasaan itu sementara waktu sebelum ada Firaun baru bernama Tutankhamun naik tahta dan memerintah Mesir kuno dengan sangat hebat.

NefertitiNefertiti dan suaminya adalah orang yang memberikan reformasi besar pada Mesir. Mereka adalah orang yang sangat relijius hingga banyak sekali menyebarkan konsep ketuhanan kepada rakyatnya. Saat mereka berkuasa, hanya satu Tuhan saja yang disembah yaitu Aten. Nefertiti meninggal dunia setelah melahirkan 6 anak untuk Akhenaten di masa Tutankhamun berkuasa.

1. Cleopatra

Cleopatra adalah ikon kencantikan dunia. Ia pun juga seorang Firaun yang cukup hebat di zamannya. Ia adalah Ratu Mesir Kuno anggota terakhir dari Dinasti Ptolemeus 30 SM – 12 SM. Walaupun banyak Ratu Mesir Kuno yang menggunakan namanya, Dialah yang dikenal secara umum dengan nama Cleopatra. Ia adalah penguasa Mesir bersama ayahnya Ptolemeus XII, Saudara laki-laki sekaligus suaminya Ptolemeus XIII dan Ptelemeus IV dan akhirnya anaknya Cheosarioh.

CleopatraCleopatra bahkan membuat Julius Caesar sang Kaisar Romawi tunduk di kakinya. Ia mau melakukan apa saja termasuk merebut kekuasaan yang direbut oleh adik dari Clopatra itu sendiri. Cleopatra berhasil mengatasi kudeta yang dirancang oleh pendukung saudara laki-lakinya dengan bersekutu dengan Julius Caesar dan dilanjutkan Markus Antonius.  Cleopatra memiliki 1 anak dari Julio Caesar dan 3 anak dari Markus Antonius.

Konflik besar antara Mesir dan Romawi akhirnya tak bisa dibendung lagi. Konspirasi-konspirasi menyebar dan membuat Mesir kuno saat itu sangatlah kacau. Cleopatra diketahui bunuh diri sewaktu Augustus (Oktavianusus) naik tahta dan menyerang Mesir dengan cara memasukan tangannya sendiri kedalam keranjang penuh ular berbisa (sejenis Ular Cobra asal Afrika Utara).

Demikian 10 Firaun Wanita Cantik Paling Terkenal dalam Sejarah Mesir Kuno, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
3
Keren
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah