10 Film Indonesia Bertema Militer yang Sangat Menginspirasi


1
7 shares, 1 point
10 Film Indonesia Bertema Militer yang Sangat Menginspirasi

Kita sering melihat tentara begitu gagah dengan seragamnya. Namun, kita jarang sekali melihat tentara ketika sedang bertugas. Karena itulah film-film yang bertemakan tentara disukai banyak orang. Di sana, kita melihat para tentara beraksi dengan gagahnya. Banyak juga orang yang kemudian ingin menjadi tentara karena melihat aksi-aksi mereka di film. Atau mungkin, ingin punya pasangan seorang tentara karena kegagahan sekaligus pengabdiannya. Ada banyak sekali film tentara sudah dibuat dari tahun ke tahun.

Memang, kebanyakan film luar negeri dengan kasus-kasus yang beragam. Namun, ada juga film tentara Indonesia meskipun agak jarang tetapi ada. Melalui film itu, kita bisa melihat dan sedikit belajar bagaimana para tentara Indonesia ketika beraksi, dengan senjata, dengan misi yang dibuat serealistis mungkin.

Dikutip dari IDNtimes, berikut ini 10 Film Indonesia Bertema Militer yang Sangat Menginspirasi:

10. Merah Putih Memanggil (2017)

10. Merah Putih Memanggil (2017)Film ini mengangkat cerita tentang terorisme. Dalam film dikisahkan operasi pembebasan WNI di sebuah kapal pesiar yang disandera oleh kelompok teroris. Film ini diresmikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

9. I Leave My Heart in Lebanon (2016)

9. I Leave My Heart in Lebanon (2016)Anggota Kontingen Garuda, Kapten Satria, Lettu Arga dan Serka Gulamo ditugaskan ke Lebanon sebagai penjaga perdamaian. Pertikaian anara tentara Israel dan Lebanon ditampilkan dalam film ini. Selain itu juga diperlihatkan di mana Kontingen Garuda memberikan bantuan sosial kepada warga setempat.

8. Doea Tanda Cinta (2015)

8. Doea Tanda Cinta (2015)Film ini mengisahkan tentang kisah cinta dan transfomasi dari dua orang pemuda dengan karakter yang berbeda. Bagus dan Mahesa dalam perjalanannya menjadi perwira muda yang berprestasi. Mereka berdua diceritakan mencintai seorang wanita yang sama.

7. Jenderal Soedirman (2015)

7. Jenderal Soedirman (2015)Film biopik ini menceritakan tentang tokoh pahlawan Indonesia, Jenderal Soedirman. Beberapa aktor papan atas yang ikut terlibat diantaranya Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong dan Nugie.

6. Badai di Ujung Negeri (2011)

6. Badai di Ujung Negeri (2011)Film ini dibintangi oleh Arifin Putra dan Astrid Tiar. Film ini mengisahkan Badai, seorang marinir angkatan laut yang ditugaskan di perbatasan Indonesia di Laut Cina Selatan. Kisah cinta tokoh utama dan pekerjaannya diceritakan dengan baik oleh Agung Sentausa.

5. Merah Putih (2009)

5. Merah Putih (2009)Film bergenre drama fiksi ini mengisahkan empat kadet Amir, Dayan, Soerono dan Marius yang berjuang melawan tentara Belanda pada tahun 1947. Diakhir cerita seluruh kadet terbunuh, kecuali Amir. Film ini dibintangi aktor-aktor terkenal diantaranya Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinatrhya dan Zumi Zola.

4. Pelangi di Nusa Laut (1992)

4. Pelangi di Nusa Laut (1992)Film yang dibintangi oleh Onky Alexander dan Nurul Arifin ini mengangkat tentang kehidupan taruna TNI Angkatan Laut Indonesia. Kisah percintaan antara dua pemeran ditampilkan dengan apik berikut dengan konflik-konfliknya.

3. Perwira dan Ksatria (1991)

3. Perwira dan Ksatria (1991)Film drama romantis ini dimulai dengan kisah taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) yang diperankan oleh Dede Yusuf dan Donny Damara hingga mereka menjadi perwira TNI AU. Diketahui bahwa tidak banyak film bertema militer di Indonesia yang mengangkat kisah TNI AU.

2. Djakarta 1966 (1986)

2. Djakarta 1966 (1986)Film yang juga disutradarai juga oleh Arifin C. Noer ini dimaksudkan sebagai sekuel dari film G 30 S PKI. Film ini diproduseri oleh studio PPFN milik negara. Tidak tanggung-tanggung, film ini berhasil menyabet tujuh penghargaan di Fesival Film Bandung pada tahun 1989.

1. G 30 S PKI (1984)

1. G 30 S PKI (1984)Film dokudrama propaganda ini ditayangkan pertama kali pada tahun 1984. Disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, film ini dibuat berdasarkan versi resmi menurut pemerintah kala itu. Film menggambarkan masa menjelang kudeta oleh PKI dan beberapa hari setelah peristiwa tersebut.

Demikian 10 Film Indonesia Bertema Militer yang Sangat Menginspirasi, semoga bermanfaat. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
1
Keren
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah