10 Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap


1
33 shares, 1 point
10 Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap

Sudah tidak asing lagi mendengar nama buaya. Pastinya semua orang sudah banyak tau apa itu buaya. Buaya adalah binatang purbakala yang masih hidup sampai saat ini. Buaya sejenis binatang reptile yang paling besar di dunia yang memiliki habitat di daerah persungaian terbesar yang ada di dunia.

Binatang ini biasanya banyak hidup di air tawar, meskipun ada juga beberapa yang hidup di lautan. Di Indonesia ini jumlah populasi buaya terbilang cukup besar khususnya di daerah terpencil Kalimantan. Binatang yang satu ini cukup dikenal ganas dan sangat berbahaya.

Janganlah Anda sekali-kali mendekat dan mempermainkannya, karena sering dijumpai kabar bahwa binatang ini menerkam manusia. Dikutip dari InformaZone, berikut ini 10 Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap:

10. Puento Noire

10. Puento NoireJenis buaya ini adalah salah satu binatang raksasa yang pernah ditemui dengan manusia. Biasanya binatang ini sangat jarang sekali dijumpai, karena memang habitatnya berada dalam perairan pedalaman dari desa terpencil. Dalam penemuan buaya ini didapati ukurannya sekitar 17,71 kaki atau 5,39 meter. Dilihat dari ukurannya binatang ini sangat berbahaya serta menakutkan karena bisa sekali lahap menerkam manusia.

9. Gomek

9. GomekGomek adalah buaya yang memiliki habitat di muara, yang memiliki ukuran tubuh sekitar 7,1 meter yang masih bisa tumbuh sampai memiliki berat 1.114,27 kg. Ukuran buaya ini bisa dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi dalam sehari-harinya. Konon buaya ini tidak menyerang manusia.

Baca juga: 10 Burung yang Bisa Terbang Paling Tinggi di Dunia

8. Cassius

8. CassiusJenis buaya Cassius ini adalah buaya yang berasal dari Australia, yang memiliki berat tubuh sekitar 1 ton dan panjang sekitar 5,5 meter. Binatang buaya jenis ini ditemukan sekitar tahun 1994 dan baru masuk penangkaran sekitar tahun 1997. Konon katanya buaya Cassius ini sudah memiliki usia sekitar 112 tahunan. Pemberian nama Cassius sendiri berasal dari nama petinju legendaris kelas berat yaitu Cassius Clay.

7. Yai dan Utan

7. Yai dan UtanBuaya ini adalah buaya blasteran yaitu dari buaya muara dengan buaya siam, yang baru muncul sekitar 1972. Jenis buaya ini memiliki panjang tubuh 6 meter dan untuk bobot tubuhnya mencapai 1.114. 27 kg.

Baca juga: 10 Dinosaurus ini Dipercaya Masih Hidup dan Berkeliaran di Afrika

6. Brutus

6. BrutusBuaya dengan tipe Brutus ini dikenal dengan monster buaya. Karena memang ukurannya yang sangat besar dan tiap bulannya semakin membesar. Binatang buaya ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 5,5 meter beratnya bisa mencapai lebih dari 890 kg.

5. Bujang Senang

5. Bujang SenangBuaya yang dikenal dengan nama Bujang senang ini memiliki tempat tinggal di Sungai-sungai besar. Dengan ukuran sekitar 20 kaki atau 6,1 meter, dan memiliki ciri khas warna putih di belakang badannya. Di perkirakan usia dari binatang ini adalah 50 tahunan, ditemukan sekitar tahun 1941. Konon buaya ini sangat gemar sekali memangsa manusia. Diceritakan zaman dahulu, buaya ini adalah bentuk penjelmaan dari seorang pahlawan yang disumpah menjadi buaya.

Baca juga: 10 Hewan Punah yang Ingin Dihidupkan Lagi oleh Ilmuwan

4. Gustave

4. GustaveGustave adalah nama untuk binatang buaya yang berjenis jantan berukuran sangat besar yang berasal dari sungai Nil. Buaya ini dikabarkan sudah banyak memakan korban, bahkan ratusan manusia pernah dimakannya. Ketika ditemukan diketahui panjang punya ini adalah sekitar 7,5 meter. Diperkirakan usianya rentan antara 100 tahun. Habitat buaya ini berada di perairan asin.

3. Dominator

3. DominatorBuaya yang dikenal dengan nama dominator ini memiliki ukuran sekitar 5 sampai 6 meter. Dan memiliki berat sekitar satu ton. Habitatnya berada pada perairan asin. Jenis binatang ini ditemukan satu wilayah dengan buaya brutus. Buaya ini sama mengerikannya dengan Brutus.

Baca juga: 10 Ular Terbesar di Dunia

2. Lolong

2. LolongLolong adalah buaya terbesar di penangkaran. Dia adalah buaya Indo-Pasifik atau air asin yang diukur pada 6,17 m, dan beratnya 1.075 kg, menjadikannya salah satu buaya terbesar yang pernah diukur dari moncong ke ekor. Jenis binatang ini tidak jauh beda dengan binatang buaya dominator diatas.

1. Kalia

Dikutip dari Ourplnt, Guinness World Record telah menerima klaim bahwa buaya air asin jantan dengan ukuran 23 kaki (7,01 meter) bernama Kalia berbobot seberat 2.000 kg hidup di Taman Bhitarkanika di negara bagian Orissa, India. Namun Dr Britton selaku peneliti dan seorang ahli buaya mengungkap bahwa pengukuran itu masih bisa diragukan.

1. KaliaDia juga mengungkap bahwa itu bukan perukuran terverifikasi mengingat perkiraan ukuran diambil dari perahu. Selain itu keterampilan pengamat tidak dapat dibandingkan dengan pengukuran terverifikasi resmi. Estimasi ukuran visual yang diambil dari jarak jauh menambah keraguan terhadap ukuran buaya ini. Namun jika klaim itu benar, Kalia bisa menjadi buaya terbesar yang pernah tertangkap.

Demikian 10 Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap, semoga bermanfaat. Jangan lupa share, karena berbagi itu indah. [*]


What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Keren Keren
0
Keren
Kaget Kaget
1
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
1
Muntah
Marah Marah
0
Marah